//
you're reading...
Bengkayang

Kadis Tak Mampu Lakukan Terobosan, Sebaiknya Diganti


Kepala Dinas yang dipercaya oleh Kepala Daerah untuk memimpin sebuah unit penyelenggara pemerintahan diharapkan mampu menunjukkan kinerja yang bermanfaat dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Tidak hanya bekerja dan terjebak berdasarkan rutinitas yang telah ditetapkan karena keadaan yang demikian membuat mereka tidak atau kurang mampu membuat terobosan-terobosan baru yang lebih berguna bagi masyarakat. Demikian masukan yang disampaikan oleh Ketua LSM Aliansi Masyarakat Akar Rumput (AMAR) saat ditemui dikediamannya, , Minggu (4/10).

Untuk itu Ia meminta agar unsur tertinggi pemerintah daerah, khususnya Bengkayang yang menunjuk setiap kepala dinas pada setiap SPOD harus benar-benar memperhatikan kapasitas dan kualitas setiap sumber daya manusia yang akan dipercaya memimpin unit tertentu.

“Kepala Dinas (Kadis) yang tidak mampu memimpin instansinya sebaiknya segera diganti karena akan memperlambat proses pembangunan daerah ini,” tegasnya.

Menurut Asok, kriteria pokok yang harus dimiliki oleh setiap kepala dinas ialah mereka yang memiliki kapasitas dan kualitas untuk menjadikan instansi yang dipimpinnya lebih kreatif, produktif serta inovatif. Kreatif yang dimaksud ialah mampu mengembangkan instansinya tidak hanya berdasarkan rutinitas yang sudah ditetapkan tetapi mampu mencari hal cara baru untuk mengapai tujuan kerja. Kemudian produktif, mampu menghasilkan sebuah hasil yang benar-benar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dari kinerja yang mereka lakukan. Sementara itu, Kadis yang Inovatif ialah mereka yang mampu menghasilkan hal atau terobosan baru yang kemudian dikembangkan dalam masyarakat.

“Jangan hanya menunjuk kepala dinas yang tahunya menghabiskan dana APBN atau APBD,” ungkapnya.

Selain itu, menurutnya hal lain yang perlu diperhatikan dalam menunjuk kepala dinas ialah dengan memperhatikan sumber daya manusia yang mampu mengembangkan instansi sesuai dengan karakteristik daerah ini. Terakhir Asok mengatakan bahwa yang terpenting lagi ialah mereka yang ditunjuk harus mampu memberikan yang terbaik bagi kabupaten ini.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: