//
you're reading...
Bengkayang

KPU Bengkayang Usulkan 13 M Untuk Dana Pilkada


Guna melancarkan proses penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bengkayang tahun 2010 mendatang, KPU Bengkayang mengusulkan rencana anggara Pilkada kepada Pemda setempat sebesar Rp.13.335.832.355,-.

“Jumlah anggaran yang direncanakan tersebut apabila pada Pilkada mendatang terjadi dua putaran,” kata Ketua KPU Bengkayang, Eddy A.

Dijelaskannya, bahwa dalam putaran pertama pihak KPU merencanakan anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp.10.617.580.178,-. Sedangkan untuk putaran kedua direncanakan anggaran sebesar Rp.2.895.733.851,-.

Ditambahkan Eddy, rencana anggaran tersebut sebagian besar peruntukkannya bagi belanja honorarium penyelenggara Pilkada yang terbagi dalam lima tingkatan. Seperti untuk KPUD Rp.3.351.598.504. PPK Rp.1.863.700.000. PPS Rp.2.799.450.000. KPPS Rp.1.614.190.000 dan PPDP Rp.392.600.000.

“Berdasarkan Peraturan Mendagri Nomor 44 Tahun 2007 Tentang Pedoman Pengelolaan Anggaran Pilkada, rencana anggaran tersebut akan disampaikan kepada Kepala Daerah yang kemudian dibahas oleh tim anggaran Pemda dengan melibatkan KPU,” terang Eddy.

Menurutnya, apabila anggaran yang sudah dibahas itu kemudian disepakati dan disetujui, maka agar dana tersebut bisa digunakan, dibuatlah terlebih dahulu Naskah Perjanjian Hibah antara Pemda dengan KPU Kabupaten.

“Dengan demikian, rencana anggaran yang diusulkan tadi (13 M) bisa saja bertambah atau berkurang,” tegasnya.

Namun ungkap Eddy, untuk sementara anggaran yang diajukan tersebut belum pasti kapan akan ditetapkan karena tergantung proses pembahasan anggaran itu sendiri. Mengingat penyelenggaraan Pilkada tidaklah mudah, Ia mengatakan anggaran sebesar itu masih dalam kategori standar.

Pilkada Bengkayang 2010 mendatang bakal berlangsung seru, hal ini apabila dikalkulasikan satu fraksi terdiri dari lima orang anggota DPRD, berarti di DPRD Bengkayang yang terdiri dari 30 anggota dapat membentuk enam fraksi. Sementara hingga saat ini, fraksi-fraksi di DPRD Bengkayang belum terbentuk.

“Ini berarti jika masing-masing fraksi mengajukan satu kandidat Bupati, otomatis akan ada enam calon Bupati yang siap merebut kursi 1 Bengkayang. Hal ini akan bertambah ramai bila muncul calon Bupati dari jalur independen,” kata salah seorang warga Bengkayang yang juga lulusan Magister Sosial Untan, Irawan.,S.Sos.,M.Si.

Berdasarkan data yang diperoleh dari KPU Bengkayang sebelumnya, Pilkada Bengkayang diprediksi diselenggarakan pada Juni 2010 mendatang. Kendati demikian, hal itu bisa saja berubah bila saja Pilkada pada enam kabupaten dilaksanakan secara serentak seperti yang direncanakan KPU Propinsi.

Keenam kabupaten yang akan menyelenggarakan Pilkada pada tahun ini antara lain Bengkayang, Sintang, Melawi, Sekadau, Kapuas Hulu serta Ketapang.

Diskusi

5 thoughts on “KPU Bengkayang Usulkan 13 M Untuk Dana Pilkada

  1. Wah.. banyak banget anggaran yang di perlukan Bapak yang terhormat..!!

    itu buat anggaran PILKADA atau buat nyenangin wanita Peliharaan-peliharaan Anda Bapak Andreas Duhun, SH yang terhormat…….???

    Posted by Firehands | April 3, 2011, 5:04 pm
  2. Ada nggak berita terbaru tentang KPU bengkayang..???
    kalau ada tolong di bikin postingan donk mas.. terutama tentang Sekeretariat nya..???

    Posted by Firehands | April 6, 2011, 3:39 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: