//
you're reading...
Bengkayang

Polres Amankan Enam Unit Mesin Don Feng

Kepolisian Resor (Polres) Bengkayang berhasil mengamankan enam unit mesin Don Feng yang biasa digunakan masyarakat untuk menambang emas di Kecamatan Monterado saat melakukan razia PETI 21 dan 22 April kemarin. Demikian ungkap Kapolres Bengkayang, AKBP Mosyan Nimitch di Bengkayang baru-baru ini.

Razia yang dilaksanakan mulai pukul 08.00 s/d 17.00 tersebut melibatkan langsung Masyarakat, Tokoh dan Kades Sendoreng, Koramil, camat, Sat Pol PP, Kades.

“Hasilnya, diamankan enam unit mesin dompeng dan sekarang Barang Bukti (BB) tersebut disimpan di Mapolres,” jelasnya.

Pada saat razia tersebut, Kapolres mengaku tidak ada perlawanan yang dilakukan pemilik maupun pekerja tambang. Diadakannya razia ini katanya berkat adanya laporan dari warga setempat mengenai aktivitas penambangan di Danau Thai Pi yang berdekatan dengan sumber air minum masyarakat Sendoreng. Upaya penertiban PETI itu, Nimitch menyebutkan pihaknya mengerahakan 50 anggota Polres.

Mengenai razia itupula, Ketua LSM Bina Lingkungan Hidup Borneo (BLBH) Bengkayang, Niko Prangkas menyambut baik upaya yang dilakukan penegak hukum tersebut. Menurutnya, sangat disayangkan apabila kondisi lingkungan terus menerus dirusak oleh sekelompok orang yang hanya memikirkan kepentingan perut sesaat. Ini dikatakannya karena Ia mengaku prihatin dengan kondisi lingkungan yang berada disekitar lokasi penambangan yang rusak berat.

“Tanah yang dikeruk tersebut membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun baru bisa dimanfaatkan lagi, jadi dapat dibayangkan apabila penambangan ini terus berlanjut, berapa generasi yang harus menderita akibat kerusakan itu,” tandasnya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: