//
you're reading...
Pertanian Bengkayang

Bangga Jadi Petani

Januari 2010

Sebuah pekerjaan jika dijalankan dengan sepenuh hati, pada akhirnya akan memberikan hasil yang baik pula bagi yang menjalankan pekerjaan tersebut. Termasuklah pekerjaan sebagai petani. Itu merupakan prinsip yang dilontarkan Darmawan Lipah saat bertandang dengan wartawan ini di Kantor Perwakilan, Selasa (5/1). Hal ini dituturkannya karena pengalaman pribadinya yang terkadang menjumpai orang yang sulit untuk menyebutkan pekerjaan mereka sendiri yakni sebagai petani tatkala hendak membuat KTP. Padahal secara pribadi, Lipah (sapaannya) mengaku bangga dengan status pekerjaannya sebagai petani. Bagaimana tidak, petani menurutnya merupakan pekerjaan yang mampu memberikan penghidupan kepada khalayak ramai. Termasuk para pejabat tinggi juga menikmati hasil pekerjaan para petani, coba bayangkan apabila di tanah air ini tidak ada petani. Beras, buah-buahan, tembakau, karet, sayur-sayuran merupakan hasil keringat para petani.

“Kenapa harus malu mengaku pekerjaan sebagai petani,” ujarnya.

Bahkan satu hal lagi yang membuat bapak lima anak ini lebih bangga menjadi seorang petani adalah peranan petani yang dipandang sebagai Pejuang Ekonomi Tangguh Indonesia yang diakronimkan Petani. Hingga saat ini, pada usianya yang telah mencapai 54 tahun, Darmawan Lipah menetap dikampung halamannya, Dusun Madi, Desa Tiga Berkat, Kecamatan Lumar. Ditengah kebersamaanya dalam masyarakat dusun tersebut, Lipah diberikan kepercayaan oleh masyarakat sebagai Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Untuk menghidupi seorang istri dan lima orang anaknya, Lipah tak pernah menggantungkan diri dari honornya sebagai Ketua BPD, karena pasti tidak akan cukup. Kesehariannya, Ia melanjutkan pekerjaan sebagai petani diatas tanah warisan orang tuanya. Selain mengerjakan sebidang sawah, Ia juga bercocok tanam tumbuhan lainnya seperti kacang tanah, jagung, cabai dan beternak ikan dan babi. “Hasilnya tidaklah berlebihan, namun bisalah untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari keluarga dari hasil kerja tersebut,” akunya.

Oleh karena itu, Lipah ingin mengajak semua orang yang memiliki pekerjaan sebagai petani agar benar-benar menekuni pekerjaan itu sehingga benar-benar bisa menjadi penopang hidup keluarga mereka sendiri. “Apalagi pada tahun 2008 lalu Kabupaten Bengkayang pernah meraih penghargaan daerah yang memiliki ketahanan pangan kuat ditingkat nasional yang diberikan presiden, seharusnya petani didaerah ini merasa bangga dan semakin meningkat semangat mereka dalam mempertahankan hal itu,” tandasnya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: