//
you're reading...
Adat Dayak dan Budaya

Cap Go Meh Belum Bisa Dijadikan Daya Tarik

Perayaan Imlek atau Cap Go Meh di Bengkayang dianggap belum bisa dijadikan sebagai daya tarik wisatawan. Demikian ungkap Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Budparpora) Bengkayang, Rifin Fransisko melalui Kasi Kesenian Modern dan Tradisional, Rickhi H. Silalahi, Kamis (21/1) di Bengkayang. “Kondisi itu disebabkan perayaan Imlek belum sepenuhnya dikemas dengan baik, baik pemerintah maupun masyarakat yang merayakannya,” kata Ricky.

Menurutnya, hal tersebut tampak dari masih minimnya kegiatan-kegiatan yang dilakukan guna menarik atau menggairahkan masyarakat pada saat perayaan ataupun sebelum perayaan. Ricky mencontohkan misalnya seperti diadakan festival, pertunjukkan atau parade sehingga ketika perayaan dilaksanakan, masyarakat memiliki antusias yang tinggi.

“Misalnya parade Barongsai yang melibatkan berbagai perkumpulan,” jelasnya.

Semakin banyak kegiatan yang diselenggarakan sebelum perayaan ini akan memberikan dampak pada saat Cap Go Meh dirayakan. Seperti yang telah disebutkannya, Ricky mengatakan untuk menjadikan perayaan Cap Go Meh lebih menarik, perlu keterlibatan pemerintah, keterlibatan itu tidak hanya berupa himbauan, tetapi juga perlu adanya tindakan langsung, misalnya terlibat dalam kepanitian seperti yang dilakukan Pemkot Singkawang selama beberapa tahun terakhir ini.

Akibat belum dikemasnya penyelenggaraan Cap Go Meh dengan baik antara pemerintah dengan Masyarakat, hingga saat ini menjelang perayaan suasana di Bengkayang masih belum menunjukkan kemeriahan Cap Go Meh yang jatuh pada 14 Februari mendatang.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: