//
you're reading...
Bengkayang

Elite Politik Punya Tanggungjawab Memberikan Pendidikan Politik

Februari 2010

Pada Pilpres Juli 2009 lalu, tingkat partisipasi pemilih di Bengkayang mencapai angka keberhasilan sebesar 76 persen lebih dari 149.331 jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT). Kata Ketua KPU Bengkayang, Eddy A melalui Anggota KPU Divisi Pendidikan Pemilih, Tarmizi saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (9/2). “Artinya masih ada sekitar 35 ribu lebih masyarakat yang masih belum menggunakan hak politiknya (Golput),” terang Mizi-sapaannya.

Menurutnya, jumlah tersebut diharapkan dapat diminimalisir pada Pilkada Bengkayang mendatang sehingga dapat tercapai keberhasilan demokrasi didaerah ini khususnya dari segi partisipasi pemilih. Berdasarkan DP4 yang diserahkan Pemda Bengkayang ke KPU sebagai bahan acuan lembaga ini menentukan DPT, KPU mendapatkan peningkatan sebanyak 27.706 pemilih dari 149.331 DPT pada Pilpres lalu. DPT Pilpres menjadi acuan bagi lembaga penyelenggara Pemilu ini sebagai DPS Pilkada.

Ditambahkannya, agar jumlah golput pada Pemilu Kada mendatang dapat menurun, ada beberapa hal yang menjadi tugas bersama yang harus dikendalikan oleh masing-masing pihak. Salah satu unsur yang memiliki tanggungjawab besar mengurangi angka Golput itu adalah elite-elite politik. Pasangan calon, pengurus Parpol merupakan pihak yang dikategorikan sebagai elite politik.

“Keberhasilan Demokrasi tidak terlepas dari peran mereka dalam memberikan pendidikan politik yang baik bagi masyarakat, minimal bagi simpatisan,” terang Tarmizi.

Oleh karena itu, Mizi mengharapkan menjelang Pilkada ini, elite politik dapat memaksimalkan peran mereka bagi pendidikan politik masyarakat.

Mizi kemudian menjelaskan, selain peran serta elite politik dalam memberikan pengetahuan dalam berpolitik bagi masyarakat, Mizi juga menyebutkan ada beberapa hal yang memiliki peran penting terhadap hal itu. Diantaranya, adanya kesadaran masyarakat itu sendiri terhadap hak dan kewajiban dan peran serta langsung lembaga penyelenggara.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: