//
you're reading...
Bengkayang

Harga Gula Malaysia Membumbung Tinggi, Apalagi Gula Indonesia

Januari 2010

Semenjak lepas tahun 2009 lalu, harga gula pasir dipasar Bengkayang naik sebesar Rp.50 ribu. Kenaikan harga gula tersebut dikeluhkan salah seorang pedagang barang kelontong dan warung kopi di Kota Bengkayang, yakni Elisa. Hal ini diungkapkannya saat wartawan ini mengunjungi warung kopi miliknya, Jumat (15/1). “Memang berapa harga gula sekarang?” tanya Aku. “Sekarang Gula satu zak (50 Kg) harganya Rp.520 ribu, sebelumnya terakhir pada tanggal 23 Desember lalu saya harga gula baru Rp.470 ribu,” kata Lisa.

Kenaikan harga gula itu bagi Lisa terasa berat baginya, karena otomatis akan berpengaruh pada barang dagangannya, sementara untuk menaikkan harga barang akan membuat pelanggan mengeluh juga.

Sementara itu, gula yang dibelinya dengan harga Rp.470 hingga 520 ribu tersebut adalah gula produk Malaysia yang notabene-nya dianggap illegal peredarannya oleh pemerintah kita. Menurut pengakuannya, selama ini Dia selalu membeli gula produk Malaysia yang beredar dipasaran Bengkayang, sedangkan gula produk Indonesia jarang Ia beli.“Memangnya kenapa tidak beli gula produk dalam Negeri?,” Tanya Aku lagi.

“Apalagi gula Indonesia, sebelum Natal kemarin saja harganya sudah mencapai Rp.500, keatas, bayangkan saja sekarang jika gula Malaysia naik, pasti harga gula Indonesia diatasnya lagi,” jelas Lisa.Dengan kenaikan harga gula itu, Lisa mengharapkan agar instansi terkait dapat mengambil tindakan terhadap kenaikan harga gula tersebut sehingga tidak melonjak tinggi. Sebab menurutnya, kondisi itu akan berdampak pada harga-harga barang yang lain yang pada akhirnya akan membuat masyarakat semakin sulit.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: