//
you're reading...
Kesehatan

Optimalkan Penggunaan Ambulance, Dinkes Surati Kepala Puskesmas

Februari 2010

Guna mengoptimalkan penggunaan mobil Puskesmas Keliling (Pusling) atau Ambulance di Kecamatan, Kepala Dinas Kesehatan Bengkayang telah menyurati setiap Kepala Puskesmas di 17 Kecamatan. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan dr. I Made Putra Negara melalui Sekretaris Dinas, Libertus, Selasa (2/2) di Bengkayang. Menurutnya, dikeluarkannya surat nomor :445/044/YKM-DKB/I/2010 tertanggal 20 Januari 2010 itu dimaksud agar fasilitas yang disediakan tersebut dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal khususnya sebagai sarana transportasi.
“Dikeluarkannya surat ini diharapkan mobil Pusling dapat dimanfaatkan dengan baik bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan,” ungkapnya.

Selain itu, dengan disediakannya fasilitas tersebut, dalam penggunaannya tarif yang dibebankan kepada masyarakat disesuaikan dengan biaya yang menjadi standar jarak tempuh suatu daerah. Dan lebih khusus, bagi masyarakat yang memiliki kartu Jamkesmas, biayanya menjadi lebih ringan. Salah satu Kepala Puskesmas yang telah menindaklanjuti perihal tersebut adalah Kepala Puskesmas Lumar, Marsalinus Lukas, A.Md.Kep. Dimana dalam surat yang disampaikannya kepada masyarakat dikecamatan itu, untuk penggunaan mobil ambulance bagi masyarakat telah ditentukan tarifnya.

Khusus untuk Lumar ke RSUD Bengkayang, biaya yang dikenakan sebesar 150.000. Lumar ke RS Bethesda sebesar 275.000. Lumar ke Singkawang sebesar 500.000. serta 850.000 untuk apabila masyarakat (pasien) dibawa ke Pontianak. “Namun hingga saat ini, kita (Dinkes) masih belum menerima laporan dari kepala puskesmas yang lain mengenai surat tersebut,” tandas Libertus.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: