//
you're reading...
Bengkayang

Panwaslukada Bengkayang Siap Mengawali Pemilukada 2010

Januari 2010

Sebanyak 178 anggota pengawas pemilukada diwilayah kabupaten Bengkayang akan mengawal pemilukada 2010 yang tidak lama lagi akan berlangsung. Dari 178 anggota Panwaslukada tersebut terdiri dari 3 anggota panwaslukada kabupaten, 51 anggota Panwaslukada Kecamatan dari 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkayang dan 124 Petugas Pengawas Lapangan dari 122 desa dan 2 kelurahan. Namun hingga saat ini Panwaslukada Bengkayang masih mempersiapkan perekrutan lanjutan calon anggota panwaslukada kecamatan.

Proses rekruitmen anggota Panitia Pengawas Pemilu Kepala Daerah (Panwaslukada) Kecamatan merupakan salah satu amanah UU RI Nomor 22 tahun 2007 Pasal 95 Tentang Penyelenggaraan Pemilu, untuk itu sebanyak 84 calon anggota Panwaslukada tingkat kecamatan yang telah lolos seleksi tertulis yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkayang akan mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan sebelum ditetapkan oleh Panwaslukada Kabupaten Bengkayang sebanyak 51 orang dari 17 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Bengkayang.

Pelaksanaan proses uji kelayakan dan kepatutan itu sendiri akan dibagi menjadi dua gelombang, ini mengingat jumlah peserta yang cukup banyak sehingga jika dilaksanakan dalam satu hari saja tentu waktu yang dibutuhkan tidak akan cukup.

Adapun gelombang pertama dilaksanakan pada tanggal 15 Januari 2010 terdiri dari 8 kecamatan dan gelombang kedua dilaksanakan pada tanggal 16 Januari 2010 terdiri dari 9 kecamatan sisanya. Setelah proses uji kelayakan dan kepatutan, maka mereka yang lolos seleksi dalam waktu dekat akan ditetapkan sebagai anggota Panwaslukada kecamatan. Sesuai dengan pasal 98 ayat 1, UU RI Nomor 22 Tentang Penyelenggaraan Pemilu, bahwa sebelum melaksanakan tugasnya maka anggota Panwaslukada kecamatan harus mengucapkan sumpah dan janji.

Dalam proses pengawasan Pemilukada 2010, sangat diharapkan peran serta masyarakat untuk memberikan informasi yang benar kepada Pengawas Pemilu sehingga tingkat kecurangan dapat diatasi, walaupun ada anggota pengawas namun proses pengawasan tidaklah akan berhasil jika tidak ada kerja sama dari masyarakat sendiri karna keterbatasan anggota Pengawas Pemilukada yang hanya berjumlah 178 orang mulai dari tingkat kabupaten sampai pada tingkat desa, yaitu Petugas Pengawas Lapangan.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: