//
you're reading...
Bengkayang

Pendataan Pemilih, Disdukcapil Libatkan RT/RW

Januari 2010

Untuk memperoleh data pemilih yang akurat dan valid sebagai salah unsur tercapainya tingkat keberhasilan yang lebih baik dalam penyelenggaraan Pilkada Bengkayang 19 Mei mendatang, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bengkayang diharapkan dapat melibatkan lapisan masyarakat secara langsung, dalam hal ini hingga tingkat Rukun Tetangga (RT) maupun Rukun Warga (RW). Demikian harapan yang disampaikan Anggota DPRD Bengkayang dari Fraksi PDIP, Gusmanto Lingkun, Senin (4/1) di Kantor DPRD.

Harapan itu disampaikannya agar dalam pendataan pemilih sebisa mungkin tingkat kesalahan daftar pemilih diminimalisir. Pelibatan unsur RT dan RW sendiri menurutnya merupakan salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut. “RT maupun RW merupakan orang yang memiliki kedekatan dengan masyarakat dimana mereka berdomisili,” terang Lingkun menyebutkan alasannya. Menurutnya, selain dari pelibatan RT/RW, Ia juga mengharapkan agar kinerja kedua unsur tersebut dapat berjalan dengan baik, pihak yang berkepentingan, baik KPU maupun Dinas Dukcapil mampu memberikan pendampingan terhadap mereka pada saat melakukan pendataan sehingga data yang dihasilkan benar-benar memiliki keakuratan. Sementara itu, saat dihubungi, Selasa (5/1), Kepala Dinas Dukcapil Bengkayang, Drs. Lorensius mengatakan bahwa dalam melakukan pendataan penduduk yang dijadikan sebagai Data Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) pihaknya telah melibatkan elemen yang dimaksud. Namun dalam pelibatan itu, RT/RW dikerahkan oleh Kepala Desa. Lorensius juga mengiyakan pendapat legislator PDIP tersebut, dimana dalam memperkecil tingkat kesalahan dalam pendataan pemilih perlu melibatkan unsur RT/RW.

DP4 Bengkayang, 177.037 Penduduk

Kamis (7/1), Dinas Dukcapil sebagai perpanjangan tangan dari Pemda Bengkayang akan menyerahkan Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) kepada pihak KPU Bengkayang. Rencana penyerahan itu akan dilaksanakan di Kantor Bupati Bengkayang. Penyerahan DP4 itu, menurut Lorensius merupakan tugas dan tanggungjawab mereka dalam proses penyelenggaraan Pilkada Bengkayang. “Dari data terakhir yang akan diserahkan, sebanyak 177.037 penduduk termasuk dalam DP4 tersebut,” ungkapnya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: