//
you're reading...
Pariwisata

Sambut Visit Kalbar 2010 Lewat Dunia Maya

Januari 2010

Pergantian tahun dari 2009 ke 2010 baru saja dilewati beberapa hari yang lalu, bertepatan dengan pergantian tahun itupula, Gubernur Kalbar, Cornelis mencanangkan tahun 2010 sebagai tahun mengunjungi Kalbar (Visit Kalbar). Dimana pada tahun ini diharapkan potensi pariwisata di Kalbar dapat mendatangkan lebih banyak lagi wisatawan dari tahun sebelumnya.

Sebagai salah satu Kabupaten yang berada di Propinsi ini, tentunya program pemerintah tersebut disambut baik oleh masing-masing Pemda, termasuklah salah satunya Kabupaten Bengkayang. Sebagai salah satu daerah yang masih berusia muda (ditetapkan 27 April 1999) Bengkayang terus berusaha mengembangkan daerahnya sendiri dari berbagai sektor yang didalamnya termasuk sektor pariwisata.

Untuk sektor yang satu ini, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Budparpora) Bengkayang, Rifin Fransiko melalui Kasi Kebudayaan Tradisional dan Modern, Ricky Silalahi mengatakan bila potensi wisata daerah ini tidak kalah dari kabupaten-kabupaten lain yang lebih dulu berdiri, hanya saja diakuinya potensi tersebut belum mampu dijadikan sebagai andalan daerah karena masih minimnya pengelolaan potensi tersebut. Memandang hal itu, Ricky menyebutkan dalam rangka menjalani visit Kalbar 2010 ini, pihaknya tidak hanya sekadar mempromosikan pariwisata Bengkayang melalui kegiatan-kegiatan resmi saja, melainkan juga mempromosikan diri melalui dunia maya. Setidaknya, kinerja itu dibuktikan dengan telah dimilikinya situs dunia maya yang khusus mempromosikan pariwisata Bengkayang. “Sejak November 2009 lalu, kita telah mempromosikan pariwisata Bengkayang melalui jaringan didunia maya, yakni cultureandtourism.blogspot.com,” sebut Ricky saat dihubungi melalui telepon, Minggu (3/1) di Bengkayang.

Hal itu diakuinya sebagai salah satu upaya untuk mengenalkan potensi pariwisata Bengkayang, disamping kegiatan resmi lainnya hingga kedunia internasional, karena menurutnya jangkauan promosi melalui dunia maya lebih cepat dan mudah diketahui semua orang. Namun Ia menegaskan, promosi semacam itu menurutnya tidak akan berarti apa-apa bila tidak didukung semua elemen, baik masyarakat maupun Pemda Bengkayang.

“Promosi akan berhasil apabila diimbangi dengan kesiapan pemerintah dan masyarakat dalam mengembangkan potensi pariwisata itu,” tegasnya. Setakat ini, Kabupaten Bengkayang masih mengandalkan potensi wisata alam, yakni keindahan panorama alamnya. Untuk potensi wisata buatan, budaya, kerajinan dan lainnya masih sulit dijangkau.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: