//
you're reading...
Bengkayang

Tahun 2009, Tindak Kejahatan Terjadi Setiap 13 Jam

Januari 2010

Gelar Operasional, Analisa dan Evaluasi Kinerja tahun 2009 yang dilaksanakan, Jumat (8/1) oleh jajaran Polres Bengkayang mendapatkan bahwa tindak kejahatan selama satu tahun diwilayah hukum ini terjadi dalam hitungan waktu setiap tiga belas jam, tujuh belas menit dan dua puluh empat detik (13;17;24). Demikian laporan yang disampaikan Kapolres Bengkayang, AKBP Mosyan Nimitch melalui Kabag Operasional, Kompol Prinanto usai pertemuan tersebut diruang kerjanya.

Perhitungan waktu tersebut berdasarkan perbandingan jumlah kasus dibagi dengan jumlah hari selama satu tahun yang dibagikan dengan waktu dalam satu hari. Berdasarkan laporan yang disampaikan itu juga, diketahui jumlah kejahatan yang terjadi selama satu tahun di wilayah hukum Polres Bengkayang yakni 572 kasus. Naik 110 kasus dibanding tahun 2008. Dari jumlah kasus 2009 tersebut, 348 diantaranya berhasil diselesaikan sedangkan sisanya 224 belum, jika dipersentasekan, jumlah kasus yang mampu diselesaikan sebesar 69 persen. Sementara itu, untuk tahun 2008, dari 462 kasus, 292 diantaranya berhasil diselesaikan. Secara keseluruhan, jenis tindak kejahatan yang mendominasi penanganan kasus di Polres Bengkayang adalah jenis kejahatan Konvensional yakni 533 kasus. Kejahatan jenis ini misalnya pencurian, penganiayaan. Sementara jenis kejahatan transnasional seperti kepabeanan, trafficking, terorisme berada diurutan kedua, yakni sebanyak 4 kasus.
Sedangkan jenis kejahatan yang berada diurutan ketiga adalah jenis kejahatan terhadap kekayaan Negara, misalnya seperti korupsi, perpajakan, uang palsu. Jenis kejahatan ini ada 35 kasus.

“Terakhir, untuk jenis kejahatan kontigensi seperti kerusuhan massa, kerusuhan berbau SARA pada tahun 2009 ini tidak ada,” jelas Prinanto.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: