//
you're reading...
Bengkayang

Targetkan Bengkayang Terbaik Pilkada Mendatang

Januari 2010

Sebagai salah satu daerah dari enam kabupaten di Kalbar yang akan menyelenggarakan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati 2010, Ketua DPRD Bengkayang, Sebastianus Darwis mencanangkan sebuah target yang cukup membanggakan apabila tercapai, yakni menempatkan Bengkayang sebagai penyelenggara Pilkada terbaik dalam pesta demokrasi di propinsi ini. Target besar yang membutuhkan kerjasama semua lapisan masyarakat maupun aparatur pemerintah itu disampaikannya saat ditemui, Senin (4/1) diruang kerjanya bersamaan dengan dimulainya tahapan Pilkada Bengkayang pada hari tersebut.

“Bahkan kalau bisa terbaik secara nasional,” tegas putra sulung Bupati Bengkayang ini bersemangat. Darwis mengatakan, bila pada penyelenggaraan Pilkada Gubernur 2007 lalu, Kalbar dapat dilaksanakan dengan baik dan telah menjadi runutan daerah lain, mengapa Bengkayang sebagai bagian dari Kalbar tidak bisa menjadi penyelenggara Pilkada yang menjadi panutan pula. Diakuinya, untuk mencapai target besar itu tentunya bukanlah semudah membalikkan telapak tangan.

“Perlu kerja keras dari semua pihak. Tidak cukup hanya elemen pemerintah, namun semua lapisan masyarakat harus mendukung target itu,” ungkap legislator dari PDIP itu. Intinya, suami dari Anita ini mengharapkan agar antara masyarakat dengan pemerintah saling mendukung dalam penyelenggaraan Pilkada, mulai dari tahap awal hingga akhir. Sebab menurutnya, keberhasilan itu nantinya akan memberi banyak dampak positif bagi pembangunan Bengkayang kedepannya.

Sementara ketika diminta penjelasannya mengenai kriteria apa saja sehingga penyelenggaraan Pilkada bisa dikatakan berhasil, Ketua KPU Bengkayang, Eddy A., mengatakan salah satunya adalah semua tahapan dilaksanakan dengan lancer tanpa menimbulkan masalah yang memungkinkan terjadinya konflik. Mengenai, target yang disampaikan Ketua DPRD Bengkayang, Eddy menyatakan sangat mendukung hal itu, namun Ia menegaskan bila target tersebut tidaklah mudah dicapai apabila tanpa didukung semua pihak, termasuk dalam hal ini para kandidat yang turut serta bersaing dalam pesta demokrasi tersebut. Selain itu, Eddy menambahkan juga bahwa tolak ukur keberhasilan itu ialah ditunjukkan dengan proses penyelenggaraan yang demokratis dimana didalamnya termasuk tingkat partisipasi masyarakat maupun pemerintah yang tinggi dalam melaksanakan setiaptahapan. Kebebasan yang bertanggungjawab juga merupakan unsur dari berjalannya sistem demokrasi yang baik. Misalnya, kandidat serta elit politik melakukan persaingan dengan fair tanpa menjelek-jelekkan kandidat lain dengan isu-isu yang dapat meresahkan masyarakat luas.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: