//
you're reading...
Bengkayang

Inspektorat Harus Berani Blacklis Perusahaan Bermasalah

Oleh : KRISANTUS

Badan Inspektorat sebagai lembaga pemerintah yang bertugas mengawasi kinerja sistem pemerintahan didaerah ini harus berani mengambil sikap tegas terhadap elemen penyelenggara yang menyalahi aturan. Elemen yang dimaksud tidak hanya dari intern pemerintah saja, seperti Struktur Organisasi dan Perangkat Daerah (SOPD), tetapi pihak ekstern seperti perusahaan penyedia barang dan jasa juga perlu diawasi kinerjanya. Terkait pihak ekstern yang dimaksud, hal ini tak terlepas dari peran perusahaan yang setiap tahun menjadi mitra pemerintah dalam membangun infrastruktur di daerah dari anggaran negara yang disediakan.

“Pemerintah menyediakan anggaran, sementara ada sebagian perusahaan (swasta) berperan mengelola anggaran tersebut untuk membangun infrastruktur maunpun non-infrastruktur, maka dari itu agar terjadi keseimbangan ,” kata salah seorang warga Bengkayang, Martinus Deo, Selasa (9/11) di Bengkayang.

Menurutnya, perlunya pengawasan ketat terhadap perusahaan dimaksud untuk menjamin kinerja yang mereka berikan tetap berkualitas karena tidak sedikit infrastruktur yang dibangun sudah rusak dalam jangka waktu yang singkat. Ini sebagai ulah bangunan yang dikerjakan cenderung asal-asalan. Ia mencontohkan, kondisi yang dialami jalan Lumar-Bengkayang yang diperbaiki beberapa waktu lalu, dimana tak sampai dua minggu sudah kembali rusak.

“Bila memang bermasalah, sebaiknya pihak inspektorat berani memblacklist setiap perusahaan yang bekerja tak sesuai prosedur,” tandasnya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: