//
you're reading...
Bengkayang

Terkait Temuan BPK-RI, Bupati Adakan Rapat Evaluasi

Oleh : KRISANTUS

Foto HUMAS Pemda
Terkait temuan oleh Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK-RI) Perwakilan Kalbar terhadap laporan keuangan daerah tahun 2009 lalu, Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot mengambil langkah dengan mengadakan rapat evaluasi bersama seluruh pimpinan SKPD, Camat, Sekda, Kepala Inspektorat, Kepala DPKKAD serta para staf ahli. Rapat ini bertujuan mempercepat penyelesaian dari tindaklanjut rekomendasi BPK-RI Perwakilan Kalbar atas laporan keuangan kabupaten Bengkayang tahun anggaran 2009 yang lalu.

“Kita tekankan kepada para kepala SKPD agar dapat memberikan perhatian serius terhadap hasil temuan tersebut dan segera menyelesaikannya, baik yang bersifat administrative maupun yang bersifat materiil,” pinta Bupati, Senin (8/11) di Aula I Lantai II Kantor Bupati.

Dalam rapat evaluasi itu juga, Bupati mengharapkan agar kinerja pengelolaan keuangan daerah dapat ditingkatkan dimasa mendatang. Bupati menyebutkan kebijakan yang diambil pemda sebenarnya sudah tepat, dengan membuka kelas khusus Diploma-I Akuntansi (kerjasama dengan UGM) sekaligus Diklat teknis kepada seluruh pimpinan SKPD selaku pengguna anggaran berkaitan dengan pengetahuan pengelolaan keuangan daerah.

Selanjutnya Bupati juga mengingatkan arti pentingnya Inspektorat Daerah selaku perpanjangan tangan Kepala Daerah dalam melakukan pemeriksaan dan pembinaan pengelolaan keuangan dan barang daerah. Jika inspektorat dapat memahami tugas pokok dan fungsinya dan sekaligus melaksanakannya dengan baik maka dapat diyakini kinerja pengelolaan keuangan daerah dimasa yang akan datang akan lebih baik, karena tanpa melaksanakan fungsi control maka pelaksanaan fungsi manajemen lainnya tidak akan berjalan dengan baik pula.

Sementara, bagi Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah dan para Kepala SKPD, bupati menghimbau untuk memahami ketentuan yang menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas terutama yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan agar kekeliruan, ketidakcermatan dapat diperkecil dan bahkan dihindari, sehingga raport pengelolaan keuangan dimasa yang akan datang akan lebih baik.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: