//
you're reading...
Lingkungan Hidup Bengkayang

Badan Jalan Monterado Dijebol PETI

Oleh : KRISANTUS & KURNADI

Penambang PETI (Pertambangan Emas Tanpa Ijin) kian hari kian marak, hal ini nampaknya sengaja dibiarkan oleh Aparat Berwenang, karena hingga saat ini pekerja PETI tidak pernah Jera walau sudah beberapa kali tertangkap hal ini terus saja terjadi karena sangsi bagi Para Penambang emas tersebut sangat ringan, padahal dampak yang diakibatkan dari PETI ini sangat berbahaya.

“Kepala Desa, Aparat Keamanan, dan bahkan Camat tidak pernah menindak para pelaku Peti, hingga Negara dirugikan Miliyaran Rupiah dari akibat yang ditimbulkan yaitu rusaknya Jalan dan Jembatan, bahkan ada salah satu jalan Nyaris putus akibat ulah penambang PETI, dan pekerja seenaknya bekerja tanpa menghiraukan bahwa jalan yang tersedot peti “Jebol” dan nyaris Putus,” terang Nini, Salah seorang Warga Desa Rantau Jembatan 25, Kecamatan Monterado baru-baru ini.

Sementara itu, Anyan warga Desa Goa Boma, mengatakan Jalan Menuju Desa Goa Boma sangat memprihatinkan dan setiap tahun tidak pernah mendapat perhatian pemerintah, mulai dari Parit yang tersumbat, gorong-gorong yang semuanya pecah, sementara itu untuk meminta pertanggung jawaban dari Pekerja PETI,jawaban yang mereka dapat adalah hal itu tanggung jawab dari Pemerintah, Kami hanya mencari makan karena tidak ada pekerjaan, makanya kami kerja Dompeng (Sebutan Lain dari PETI).

Lebih lanjut , Anyan menyebutkan aktivitas PETI didaerah ini sudah berlangsung lama namun yang terjadi, aparat, baik dari pihak kepolisian maupun pemerintah seolah menutup mata atas kondisi yang terjadi dimasyarakat. Sementara kerusakan lingkungan semakin parah.

“Kami sebagai warga Monterado berharap agar aparat dapat mengambil tindakan tegas terhadap para pelaku PETI yang telah membuat kerusakan lingkungan kami semakin parah,” tandas Anyan.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: