//
you're reading...
Bengkayang

Sejak Pemekaran, Sudah Tujuh Kali Tes CPNS

Oleh : KRISANTUS

Tahun Anggaran 2010 ini, Pemda Bengkayang kembali membuka kesempatan bagi para peminat CPNS untuk menjadi bagian dari abdi pemerintah daerah hasil pemekaran kabupaten Sambas tersebut. Berdasarkan Pengumuman Nomor: 800/763/BKD-C/2010 yang dikeluarkan Pemda Bengkayang, tahun ini akan menerima 107 Formasi Guru, 91 Formasi untuk Tenaga Kesehatan dan 89 untuk tenaga Teknis. Tentunya hal itu menjadi angin segar bagi mereka yang berminat menjadi PNS, apalagi bagi mereka yang telah mengikuti tes lebih dari sekali, pastinya memiliki harapan besar agar dalam penerimaan tahun ini bisa lulus.

“Sejak Kabupaten Bengkayang dimekarkan dari Kabupaten Sambas, 1999 lalu, hingga kini, saya telah mengikuti tes CPNS di Bengkayang sebanyak tujuh kali, tetapi nasib belum berpihak,” ungkap Yuventius Piter Tomo, Kamis (18/11) di Bengkayang.

Pemilik Ijazah D-III Manejemen Perkantoran ini selama mengikuti tes, pengalaman yang cukup pahit yang dirasakannya tentu ketika membaca hasil kelulusan yang diumumkan panitia. Dari pengalamannya itu, Yuventius mengaku pernah menggunakan ijazah SMA untuk melamar pekerjaan tersebut.
Tahun ini, meski masa penerimaan pendaftaran CPNS telah memasuki hari ketiga dan akan berakhir 27 Nopember mendatang, Yuventius masih belum menentukan sikap apakah akan mengikuti tes lagi atau tidak. Bila ikut melamar, ini berarti tes yang kedelapan.

“Nda tahu, melamar atau tidak,” kata pria asal Kecamatan Lumar ini.

Meski demikian, seperti tahun sebelumnya, Ia berharap agar tes CPNS berlangsung sesuai prosedur dan aturan main. Artinya jangan sampai ada terjadi dalam penerimaan ini pegawai yang lulus karena titipan pejabat atau lulus melalui calo maupun karena kedekatan pelamar dengan panitia atau pejabat.

“ Kalau hal itu terjadi, sudah pasti saya tak lulus, karena saya ini orang kecil, tidak memiliki kedekatan dengan pejabat atau panitia dan hanya berharap lulus karena hasil tes saja,” tandasnya.

Tetap Transparan

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi B, DPRD Bengkayang, Siman Siahaan, mengharapkan agar panitia dapat berlaku bijak dan transparan terkait penerimaan CPNS. Hal ini guna meminimalisir adanya kesalahan-kesalahan dalam perekrutan tersebut.

“Dari DPRD, kita siap mengawal pelaksanaan penerimaan CPNS, mulai dari penerimaan sampai dengan hasil kelulusannya nanti,” ungkap Legislator asal Golkar ini.
Legislator yang terpilih dari Dapil III Bengkayang ini juga berharap agar dalam penerimaan ini tidak mengalami masalah yang dapat menyulitkan daerah ini kedepannya.

Utamakan Putra Daerah

Dihubungi melalui telepon, salah seorang pemuda daerah ini, David Ahoi meminta agar Pemda Bengkayang lebih memprioritaskan pelamar yang asal daerah ini. Hal ini guna menciptakan efektivitas dan efisiensi kerja mereka kelak ketika diterima sebagai PNS.

“Pelamar memang bisa dari luar daerah, selagi itu masih termasuk Warga Negara Indonesia (WNI), tetapi alangkah bijaksananya Pemda bila memprioritaskan SDM daerah yang berpotensi,” terang Ahoi.

Menurutnya, dengan memprioritaskan pelamar asal daerah, Pemda Bengkayang tidak akan disibukkan dengan pegawai yang perlu mengenal situasi atau kondisi dilapangan ketika memasuki masa kerja. Selain itu, yang perlu menjadi perhatian Pemda adalah, jangan sampai Kabupaten Bengkayang dijadikan tempat persinggahan bagi CPNS, dimana setelah bertugas dua atau tiga tahun lalu mengajukan pindah.

“Ini akan merugikan daerah dan menutup peluang bagi SDM setempat,” tandas Ahoi.

Diskusi

2 thoughts on “Sejak Pemekaran, Sudah Tujuh Kali Tes CPNS

  1. sabar aja frend, rejeki ndak kemana

    Posted by adrianus hartono | November 22, 2010, 5:14 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: