//
you're reading...
Adat Dayak dan Budaya, Sosial

Cornelis Kukuhkan Kepengurusan DAD Bengkayang

Oleh : KRISANTUS

Meski Ketua DAD Bengkayang periode 2010-2014 terpilih pada 16 Januari kemudian penetapan Kepengurusannya pada 26 Januari lalu,pengukuhan kepengurusan baru dilaksanakan pada kemarin, Sabtu 18 Desember 2010. Pengukuhan ini dilakukan langsung oleh Ketua DAD Kalbar, Cornelis, pada Sabtu (18/12) di Aula Paroki Bengkayang.Pengukuhan ini dilaksanakan sekaligus membuka Rapat Kerja Adat (Rakerdat) DAD Bengkayang oleh Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot.

Baik acara pengukuhan maupun Rakerdat, keduanya dibuka dengan diadakannya upacara adat “Nyabul Adup”, adat dari Dayak Bakati’ Binua Palayo yang mana bertindak sebagai Panyangahatn, yakni Gubang. Pengukuhan tersebut ditandai dengan Penyematan Mahkota yang terbuat dari Burung Enggang oleh Ketua Umum DAD Kalbar, Cornelis kepada Kristianus Anyim.

Berdasarkan laporan yang disampaikan Ketua Panitia Rakerdat, Yakobus Niron, kegiatan itu dihadiri sekitar 300 peserta dan panitia seperti Bupati Bengkayang 2005-2010, Kepala SKPD, Unsur DAD Propinsi, Kabupaten dan Kecamatan serta Masyarakat Dayak di Bengkayang, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

“Rakerdat ini dilaksanakan dengan tujuan menyusun dan menetapkan program kerja serta penguatan kinerja DAD Bengkayang,” terang Anggota DPRD Bengkayang 2004-2009 itu.

Dalam kesempatan itu, Cornelis mengungkapkan bahwa keberadaan DAD sangatlah penting terutama dalam memajukan masyarakat Dayak agar dapat mensejajarkan diri dengan masyarakat lain dalam membangun NKRI diberbagai bidang.

“Terbentuknya DAD ini dimaksud agar dapat membela kepentingan masyarakat Dayak,” kata Cornelis.

DAD diharapkannya juga sebagai organisasi yang mampu membuka wawasan Masyarakat Dayak itu sendiri serta dunia luar terhadap keberadaan Dayak, sebab menurutnya, keberadaan suku Dayak selama ini seakan tertutup bagi dunia luar. Meski demikian, Bupati Landak dua periode ini meminta agar masyarakat Dayak dapat menempatkan diri bersama masyarakat dari suku lain dalam membangun negeri ini.

“Meskipun terdiri atas keanekaragaman suku bangsa, Masyarakat Dayak harus bisa menempatkan diri dengan masyarakat lain dalam membangun bangsa ini dibawah ke-Bhineka Tunggal Ika-an.” pintanya.

Sependapat, Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot meminta DAD dapat memainkan peranannya sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan. Bupati juga mengharapkan agar DAD tak hanya organisasi semata tanpa ada terobosan yang baik dalam membantu pemerintah daerah ini sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dalam berbagai bidang, seperti Pengembangan Budaya, Ekonomi, Pendidikan dll.

Sedangkan Kristianus Anyim dalam sambutan singkatnya mengatakan ucapan terimaksih kepada Ketua Umum DAD Kalbar yang bersedia datang guna memberikan penguatan bagi Kepengurusan DAD Bengkayang. Terkait Rakerdat itu sendiri, pria yang juga Sekda Bengkayang ini mengungkap bila hal ini sebagai wujud penataan kelembagaan serta pemantapan rencana dan program kerja DAD Bengkayang kedepannya.

“Sehingga masyarakat adat dapat merasakan benar peran dan fungsi yang diberikan pengurus DAD,” ucapnya.

Diskusi

3 thoughts on “Cornelis Kukuhkan Kepengurusan DAD Bengkayang

  1. Slamat and sukses buat DAD yang baru dikabupaten Bengkayang????

    Posted by TONI | Desember 20, 2010, 4:03 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: