//
you're reading...
Infrastruktur

Pemda Mesti Perhatikan Masalah Batas Daerah

Oleh : KRISANTUS

Pemda Bengkayang diminta agar dapat memperhatikan masalah perbatasan, tidak hanya perbatasan antar negara, tetapi juga perbatasan antar Kabupaten maupun antar Desa sebab hal itu akan menentukan luas wilayah yang dimiliki Kabupaten atau Desa. Ungkapan ini disampaikan Kepala Desa Kinande, Kecamatan Lembah Bawang, Filipus, Kamis (6/1) di Bengkayang.

Hal tersebut terkait permasalahan yang sedang dihadapi Desa Kinande sampai saat ini sehingga menimbulkan perebutan lahan antar desa serta tindakan sepihak yang diambil perusahaan perkebunan sawit yang telah mencaplok tanah masyarakat Kinande sementara wilayah operasinya di Kabuapaten Sambas.

“Bahkan akibat tak jelasnya batas desa, beberapa waktu lalu warga Desa Kinande dan desa tetangga pernah bersitegang walau tak sampai terjadi kontak fisik,” terang Filipus.

Desa Kinande berbatasan dengan Kecamatan Singkawang Timur (Barat), Desa Lembah Bawang, Saka Taru, Sejarok (Timur),Selakau, Tebas (Utara), Gudang Damar (Selatan). Mengenai masalah batas tersebut, pihak desa Kinande telah beberapa kali meminta kepada Pemda Bengkayang agar segera diselesaikan, namun hingga kini belum ada tanggapan yang pasti, padahal masalah batas itu menyangkut hak hidup 1036 warga desa.

Diskusi

2 thoughts on “Pemda Mesti Perhatikan Masalah Batas Daerah

  1. akibat ketidakjelasan batas, baik batas antar desa maupun batas antar kab. bengkayang dan kab. sambas,warga desa kinande sangat dirugikan, karna sebagian tanah adat telah di jadikan lahan perkebunan oleh PT. TANJUNG RHU, yang ijin oprasionalnya di keluarkan oleh PEMDA Kab. Sambas.
    namun, pemkab bengkayang terkesan tutup mata ataukah ada main mata?…….

    Posted by kristianus irish | Januari 12, 2011, 4:46 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: