//
you're reading...
Bengkayang, Pendidikan

Pro Education Giatkan Guru Kembangkan Pembelajaran Berbasis ICT

Oleh : KRISANTUS

BENGKAYANG-Pengaruh perkembangan teknologi informasi (TI) yang sangat cepat dewasa ini menuntut para pendidik untuk memanfaatkan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar dan terampil mengakses ilmu pengetahuan yang terkait yang lebih luas (global). Begitu juga para pendidik dituntut untuk mengembangkan keterampilan membuat media pembelajaran sehingga pembelajaran dapat berjalan lebih efektif, menarik, membangkitkan motivasi dan memancing kreatifitas peserta didik.

Fransiskus Karsudianto, S.Pd (Guru/PNS)

Sebagaimana kita ketahui bahwa multimedia pembelajaran merupakan media pembelajaran yang mempunyai kekuatan dalam mentransfer informasi karena pembelajaran berlangsung dengan tidak hanya dengan membaca, mendengar, akan tetapi juga dengan melihat penjelasan yang berupa animasi.

Mengingat pentingnya hal tersebut, Pro Education salah satu lembaga yang bergerak dibidang Pendidikan dan Pelatihan Bahasa Inggris menggelar kegiatan workshop atau seminar mengenai “Workshop Pengajaran Yang Menyenangkan Bagi Anak Menggunakan Media Interaktif” bagi guru-guru di Bengkayang mulai dari tingkat SD/Sederajat hingga SMA/Sederajat. Seminar ini sendiri digelar pada Sabtu (12/2) di Aula Dinas Pendidikan Bengkayang.

Menurut keterangan yang disampaikan Koordinator Workshop, Fransiskus Karsudianto, S.Pd usai pelaksanaan, Seminar ini pada dasarnya bertujuan Mengembangkan kompetensi guru dalam mendesain media pembelajaran berbasis ICT, menambah wawasan guru-guru dalam memanfaatkan teknologi informasi (TI) serta mengembangkan keterampilan guru-guru dalam membuat media pembelajaran berbasis ICT.

Dipaparkannya, berdasarkan sejumlah penelitian membuktikan bahwa penggunaan multimedia dalam pembelajaran menunjang efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran. Penelitian tersebut antara lain yang dilanjukan oleh Francis M. Dwyer. Hasil penelitian ini antara lain menyebutkan bahwa setelah lebih dari tiga hari pada umumnya manusia dapat mengingat pesan yang disampaikan melalui tulisan sebesar 10 %, pesan audio 10 %, visual 30 % dan apabila ditambanh dengan melakukan, maka akan mencapai 80 %. Berdasarkan hasil penelitian ini maka multimedia interaktif dapat dikatakan sebagai media yang mempunyai potensi yang sangat besar dalam membantu proses pembelajaran. Secara umum, media memiliki kegunaan memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu tenaga dan daya indra. Menimbulkan gairah belajar, interaksi lebih langsung antara murid dengan sumber belajar. Memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual, auditori & kinestetiknya. Memberi rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman & menimbulkan persepsi yang sama.

“Secara umum, hasil yang diharapkan dalam seminar ini para peserta (guru) dapat memiliki kepercayaan diri dalam mengajar, mampu menerapkan tehnik mengajar yang menyenangkan, peserta mampu memberikan motivasi bagi siswa dan beberapa hal lainnya,” tandas Fransiskus.

Diskusi

6 thoughts on “Pro Education Giatkan Guru Kembangkan Pembelajaran Berbasis ICT

  1. mantap… thx bro, foto q guanteng banget…

    Posted by frans kars | Maret 7, 2011, 1:08 pm
  2. Kalau menilik judul kegiatan , maka sebaiknya hasil yg diharapkan setelah para guru (peserta) mengikuti kegiatan tsb adalah : Peserta dapat memanfaatkan perkembangan teknologi ICT dalam pembelajaran , seperti pembuatan bahan ajar dll. Sebab kalau hanya menerapkan teknik mengajar yang menyenangkan dan meningkatkan motivasi peserta didik , ICT bukan satu-satunya cara. Banyak cara lain yang dapat dikembangkan , dengan menggunakan berbagai metode mengajar seperti : Numbered Heads Together, Coperative Script, STAD, Make-A Match, Mind Mapping, dll.

    Posted by Udin | April 5, 2012, 3:35 pm
  3. Majukan pendidikan, mari menyongsong teknologi masa depan. Kunjungi http://pcahyono.blogspot.com/2012/07/berpacu-dalam-teknologi.html#berpacu

    Posted by Pujo Cahyono | Juli 30, 2012, 6:54 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: