//
you're reading...
Bengkayang, Pendidikan

*Dialog Bersama Alumni* Jadikan IMKB Sebagai Organisasi Yang Berkonstribusi Bagi Pembangunan Bengkayang

Oleh : KRISANTUS

BENGKAYANG-Sebagai organisasi kemahasiswaan satu-satunya bagi Mahasiswa asal Kabupaten Bengkayang di Pontianak, IMKB (Ikatan Mahasiswa Kabupaten Bengkayang) mempunyai peranan penting dalam pembangunan Bumi Sebalo. Ide, gagasan serta aksi yang diberikan para anggotanya baik sebelum berdirinya Bengkayang sebagai sebuah kabupaten maupun sesudahnya cukup berperan bagi perkembangan daerah ini.

Seperti diketahui, dalam 11 tahun perjalanan Kabupaten Bengkayang, sudah banyak mahasiswa Bengkayang yang dulunya mengenyam pendidikan di beberapa Perguruan Tinggi (PT) yang ada di Pontianak yang kini telah kembali kedaerah dan berperan langsung bagi pembangunannya. Salah satunya adalah Bupati Bengkayang saat ini, Suryadman Gidot, S.Pd., yang pernah mengenyam pendidikan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (KIP) Untan, selain itu masih banyak lagi Alumni Mahasiswa Bengkayang yang memiliki peran penting didaerah ini, baik itu dalam Birokrasi Pemerintah, Anggota Legislatif, Yudikatif dan berbagai bidang lainnya.

Meski tak semua Alumni tersebut berada dalam Kepengurusan IMKB semenjak berdirinya Kabupaten Bengkayang, namun sebenarnya dari merekalah cikal-bakal terbentuknya organisasi mereka ini. Seperti yang pernah dituturkan oleh Toni, S.Pd, PNS yang kini mengajar di salah satu SMPN 1 Lumar ini mengatakan bahwa beberapa waktu sebelum dimekarkannya Bengkayang sebagai kabupaten dari Kabupaten Sambas, para mahasiswa asal Bengkayang telah membentuk sebuah perkumpulan. Forum Komunikasi Mahasiswa Bengkayang (FKMB), terdiri dari Mahasiswa asal Bengkayang dan beberapa kecamatan lainnya yang saat ini telah menjadi territorial Bengkayang. Perkumpulan itulah yang akhirnya menginspirasi terbentuknya IMKB di Pontianak.

Terkait hal itu, dalam perjalanannya, banyak kendala yang dialami dalam kepengurusan IMKB semenjak keberadaannya. Menurut keterangan yang disampaikan Ketua IMKB di Pontianak (2010-2011), Hendro Kamseno, permasalahan mendasar yang kini masih dihadapi organisasi ini adalah Kepengurusan IMKB tidak memiliki SK Kepengurusan dari Pemda Bengkayang. Kemudian, IMKB dipandang sebelah mata, karena hingga saat ini Kepengurusan IMKB sangat sulit untuk berkoordinasi dengan Pemda setempat, bahkan untuk menyampaikan aspirasi mengenai pendirian asrama saja para mahasiswa sangat kesulitan. Serta yang paling kentara adalah, IMKB selama ini tidak pernah mendapat anggaran dari Pemerintah setempat.

“Komunikasi antara mahasiswa (IMKB) dengan Pemda Bengkayang seakan terputus. Kondisi ini terkadang menyulitkan kami dalam menempatkan partisipasi kami bagi pembangunan Bengkayang,” ungkap Hendro, sehari usai mengadakan Dialog IMKB bersama Alumni di Lesehan Indah Mandiri Bengkayang, Sabtu (26/2).

Sementara, dalam penjelasannya, Hendro menyebutkan beberapa hal penting terkait terbentuknya IMKB, yakni sebagai wadah guna merangkul seluruh mahasiswa/I Bengkayang yang ada di Pontianak, sebagai wadah penyalur kreatifitas seni sastra, kerohanian maupun olahraga. IMKB juga memiliki peran dalam mempromosikan daerah kepada pihak luar dalam berbagai bidang. Selain itu, IMKB merupakan organisasi yang didalamnya berada kaum intelektual yang kedepannya menjadi SDM penerus pembangunan daerah ini. Serta yang tidak kalah pentingnya adalah, IMKB merupakan organisasi yang berperan sebagai control social bagi system pembangunan di Bengkayang.
Oleh karena itu, dialog sehari bersama Alumni yang digelar IMKB sangat mengharapkan peranan tersebut kedepannya mampu dihidupkan kembali sehingga mampu memberikan sumbangan bagi daerah ini.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: