//
you're reading...
Bengkayang

KP2T Bengkayang Terbitkan 38 IMB

Oleh : KRISANTUS

Kepala KP2T Bengkayang

Kepala Kantor Pelayanan dan Perizinan Terpadu Bengkayang, Yan, S.Sos.,M.Si

(BENGKAYANG)-
Setelah Perda No. 10/2010 Tentang Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) disahkan oleh Mendagri, KP2T Bengkayang telah berhasil menerbitkan 38 Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) bagi masyarakat Bengkayang selama tahun 2010. Berkaitan dengan diberlakukannya Perda tersebut pula, Kepala Kantor Pelayanan dan Perizinan Terpadu (KP2T) Bengkayang, Yan., S.Sos.,M.Si menegaskan hal itu akan berimbas pula bagi masyarakat yang tidak mengindahkan Peraturan tersebut, yakni membuat bangunan tanpa izin.

“Hal ini seperti tertuang dalam Surat Edaran (SE) Bupati Bengkayang Nomor 503/031/KP2T-C tertanggal 15 Maret 2011, akan dilakukan tindakan tegas kepada masyarakat yang melanggarnya yang mengacu pada Perda No. 10/2010 tentang ijin mendirikan bangunan (IMB) serta dalam rangka menjaga ketertiban bangunan terutama di jalan Negara, provinsi dan kabupaten yang ada di wilayah Bumi Sebalo,” jelas mantan Camat Kecamatan Lumar ini, Rabu (16/3) diruang kerjannya.

Berdasarkan aturan itu, Yan mengatakan, baik Orang, badan atau lembaga sebelum membangun atau merubah bangunan di wilayah Bumi Sebalo diharuskan memiliki IMB dari Bupati Bengkayang melalui KP2T. Dimana hal ini tertuang dalam Pasal 5 Ayat 2, garis sempadan terhadap jalan dan jembatan, jalan Negara atau provinsi tidak kurang dari 20 meter. Jalan kabupate tidak kurang dari 15 meter, jalan penghubung jalan kabupaten tidak kurang dari 10 meter, jalan lingkungan tidak kurang dari delapan meter, jalan gang tidak kurang dari empat meter, dan jembatan tidak kurang dari 100 meter kearah hilir dan hulu.

“Bagi yang tidak memiliki IMB baik itu, badan atau lembaga, yang bersangkutan tidak akan dilayani pemasang pelayanan sambungan rumah PDAM terutama di ibu kota kabupaten,” tegas Yan. Ia kembali menegaskan, bagi yang menlanggar akan diberikan surat peringatan pertama sampai ketiga. Apabila tidak diindahkan, akan dibongkar oleh satuan Polisi Pamong Praja. Ini kebijaka Bupati Bengkayang kepada KP2T, Pol PP, dan PU. Dengan adaya surat edaran ini, diharapkan warga menjadi tertib dan taat hukum. Sehingga kota Bengkayang menjadi indah dan tertib, karena itulah kehendak kepala daerah Bumi Sebalo untuk kabupaten ini.

“Kita jangan berpikir kemarin atau dahulu diperbolehkan, tetapi kita harus memikirkan utuk hari ini dan yang akan datang. Perda IMB telah keluar demi penataan kota. Selama 2010, sudah 38 orang atau badan yang telah membuat IMB di KP2T. animo masyarakat semakin meningkat untuk membuat IMB,” aku Yan. Mantan Sekretaris Bappeda Kabupaten Bengkayang ini mengungkapkan, awalnya dulu saat KP2T baru berdiri, dalam satu bulan saja susah sekali ada masyarakat dengan sadarnya membuat IMB. Namun, kini telah berubah, warga banyak yang sadar akan pentingnya IMB.

Sementara itu, Jumi warga Desa Seluas Kecamatan Seluas, sengaja jauh-jauh dari rumahnya untuk membuat IMB. Ia mengungkapkan, dari pada kelak bangunan yang ia miliki bermasalah, lebih baik sejak dini membuatnya.

“Mumpung belum terlambat dan belum diberikan sanksi oleh Pemda Bengkayang, saya membuat IMB bangunan ruko saya, sekalian mendukung visi dan misi Bupati Bumi Sebalo,” jhelas bapak berambut ikal dan berkulit sawo matang saat di temui awak Koran ini di KP2T.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: