//
you're reading...
Bengkayang, Infrastruktur

Pembangunan Jalan, Gubernur Minta Masyarakat Dukung Sepenuh Hati

Oleh : KRISANTUS

Peletakan Batu Pertama Peningkatan Ruas Jalan Ledo-Sambas

Gubernur Kalbar, Cornelis Ketika Meresmikan Pengerjaan Peningkatan Ruas Jalan Ledo-Subah-Sambas

(SUBAH)- Peningkatan ruas jalan antara Ledo-Subah-Sambas dan Sanggau Ledo-Seluas-Sarawak secara resmi dimulai pengerjaannya hingga 730 hari mendatang dengan ditandai penggunaan alat berat oleh Gubernur Kalbar, Drs. Cornelis, MH, Minggu (20/3) di Kecamatan Subah, Kabupaten Sambas. Tidak hanya itu, pada kesempatan tersebut pula, Gubernur juga meresmikan peningkatan ruas jalan Sanggau Ledo-Seluas-Sarawak.

“Tiga tahun yang lalu, Saya pernah berjanji kepada masyarakat disini (Subah) jika menjadi Gubernur, jalan ini akan dibangun, tetapi Saya minta maaf karena setelah tiga tahun baru terealisasi sekarang,” ungkap Cornelis disambut gembira masyarakat Subah yang hadir.

Cornelis mengatakan apabila proses realisasi pembangunan jalan tersebut bukanlah hal yang mudah, karena membutuhkan perjuangan yang cukup panjang. Bahkan berdasarkan rencana awalnya, ruas jalan tersebut diperkirakan cukup bila dibangun dengan anggaran 10 Miliar, namun pada kenyataannya untuk pembangunan ruas jalan tersebut membutuhkan dana ratusan miliar yang berasal dari dana APBN.

Agar proses pengerjaan dapat berjalan dengan lancar, Cornelis menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat hingga perangkat daerah, baik Sambas maupun Bengkayang agar memberikan dukungan yang besar kepada pihak yang diberikan kepercayaan mengerjakan pembangunan jalan yang dimaksud.

“Saya mohon dengan hormat dan kerendahan hati kepada masyarakat dimana pohon-pohon yang di ditepi jalan di iklaskan untuk ditebang. Supaya jalan yang dibangun ini bagus dan bertahan dengan lama. Apabila nantinya jalan ini bagus, dapat mengangkut hasil pertanian ke Malaysia gampang, ke Sambas dan Bengkayang juga gampang,” harap Mantan Bupati Landak ini

Dengan kondisi jalan yang bagus, Cornelis mengatakan hal itu akan memberikan dampak baik yang cukup banyak kepada masyarakat, baik dalam bidang perekonomian, pendidikan, kesehatan, budaya (pariwisata) dan sebagainya dimana pada intinya hal itu akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan rakyat.

Sementara itu, Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot S.Pd memberikan apresiasi yang sangat besar atas perjuangan dan perhatian yang diberikan pemerintah propinsi Kalbar kepada Bengkayang dan Sambas serta daerah lain yang selama ini mulai dirasakan manfaatnya. Bahkan secara khusus Gidot mengaku salut atas perjuangan pemerintah propinsi yang memberikan perhatian terhadap pembangunan ruas jalan Ledo-Subah-Sambas dimana menurutnya sejak bangku SMP kondisi jalan itu memang sudah rusak parah.

“Kita bersyukur kepada Bapak Cornelis karena sejak beliau menjadi Gubernur daerah kita telah diperhatikan,” terangnya dan lagi-lagi disambut tepuk tangan meriah dari masyarakat.

Oleh karena itu, kita harus tetap mendukung program kerja Gubernur Kalbar untuk kesejahteraan rakyat.Pemda Bengkayang mengucapkan terima kasih kepada gubernur karena telah membuka dan merealisasikan perbaikan jalan propinsi yang selama ini belum pernah diperbaiki.

“Ketertinggalan daerah dan banyaknya angka kemiskinan factor utamanya ialah poros-poros jalan banyak belum dibuka. Pemda Bengkayang untuk tahun ke depan berkonsentrasi pembangunan jalan dan jembatan untuk kemajuan daerah kita. Makanya RPJM kami diselaraskan dengan RPJM Propinsi dan pusat,” terang Gidot di Subah, kemarin.

Gidot meminta kepada masyarakat Kecamatan Ledo, mengiklaskan tanah untuk mendukung pembagunan jalan propinsi. Ini demi kemajuan kita bersama. Oleh karena itulah kita berikan wujud nyata untuk kemajuan daerah ini dengan partisipasi tersebut. Supaya wilayah kita lebih maju dan berkembang.

Ir. Jakius Sinyor, Kepala Dinas PU Kalbar menerangkan, ruas jalan Sambas-Subah-Ledo dan Sanggau Ledo-Seluas-Jagoi sangat prioritas untuk ditangani dengan pertimbangan kondisi ruas-ruas jalan tersebut sangat memprihatinkan, sehingga kelancaran angkutan barang/orang sangat terganggu.

“Sepanjang ruas jalan tersebut memiliki potensi ekonomi yang cukup baik,sehingga perlu di dukung dengan prasarana jalan yang relative baik dan secara geografis sangat strategis. Karena merupakan jalan akses menuju perbatasan dan mendukung rencana akan difungsikannya Pos Lintas batas Jagoi Babang,” beber Sinyor.

Perlu diketahui, pekerjaan penaganan jalan tersebut dibagi dalam tiga paket. Yakni paket peningkatan jalan Sambas-Subah-Ledo I dengan target efektif 29,50 kilometer dengan nilai kontrak Rp 59,939 milyar dan waktu pengerjaannya 730 hari kalender yang dikerjakan oleh PT. Lince Romauli Raya.

Paket peningkatan jalan Sambas-Subah-Ledo II sepanjang 29,70 kilometer dengan nilai kontrak 59,565 milyar, waktu pengerjaannya 750 hari kalender yang dikerjakan oleh PT Tamako Raya Perdana jo PT Usaha Inti Sejahtera.

Paket peningkatan Jalan Sanggau Ledo-Seluas-Jagoi Babang (Batas Serawak) target efektif sepanjang 29, 20 kilometer dan fungsional sepanjang 18, 80 kilometer dengan nilai kontrak sebesar Rp 29,363 milyar dalam waktu pengerjaannya 600 hari kalender yang dikerjakan oleh PT Nugroho Lestari.

“Ke depan, apabila PPLB Jagoi Babang sudah berfungsi ruas-ruas jalan tersebut termasuk ruas jalan Anjungan-Karangan-Simpang Tiga-Bengkayang-Sanggau Ledo akan diusulkan menjadi status jalan nasional dari pada saat ini status jalan provinsi,” ungkap Sinyor.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: