//
you're reading...
Adat Dayak dan Budaya, Bengkayang, Lingkungan Hidup Bengkayang, Perkebunan, Pertanian Bengkayang

Perusahaan Sawit Bengkayang Bandel

Harian Equator Edisi : Sabtu, 23 April 2011

[BENGKAYANG]-Kabupaten Bengkayang menjadi salah satu daerah pengembangan investasi perkebunan kelapa sawit. Hingga saat ini terdapat 25 perusahaan yang bergerak di sektor kelapa sawit. Hanya saja kebanyakan perusahaan itu bandel dan tidak mengindahkan surat Bupati Bengkayang mengenai keberadaan kantor perwakilan.

“Sebanyak 25 perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ada di Bengkayang, susah melaporkan perkembangan usaha perkebunan kepada Bappeda setiap enam bulan sekali. Pihak perusahaan mau perpanjang izin baru mau membuat laporan. Nampak sekali mereka tidak menghargai Pemda Bengkayang,” kata Marietha SH, Kepala Bidang Ekonomi Bappeda Kabupaten Bengkayang.

Untuk membuat IUP (Izin Usaha Perkebunan) seperti yang dimaksud dalam Peraturan Menteri Pertanian No 26/2007 Tentang Pedoman Perizinan Usaha Perkebunan Pasal 17 Huruf 0, pernyataan kesediaan dan rencana kerja kemitraan. Marietha menjelaskan, apabila perusahaan perkebunan kelapa sawit bermasalah dengan masyarakat, meminta bantuan kepada Pemda Bengkayang sebagai penengah. Tetapi segala kebijakan Pemda tidak pernah dipatuhi mereka.

“Berdasarkan Surat Bupati Bengkayang, setiap yang melakukan investasi di Kabupaten Bengkayang harus ada kantor di daerah ini. Tetapi pihak perusahaan masih saja membandel, ada yang kantornya beralamat di Singkawang, dan Pontianak,” kata Marietha.

Marietha mengungkapkan, setiap ia melayangkan surat kepada 25 perusahaan yang ada di Bumi Sebalo menggunakan jasa Pos, banyak yang dikembalikan dan ditulis oleh Pos dan Giro Alamat tidak dikenal. Pada akhirnya, surat tersebut tidak sampai ke pihak perusahaan. Sebagai contoh, ada dua surat yang dikirim ke pihak perusahaan, tetapi dikembalikan kantor Pos dan Giro karena alamat tidak dikenal. Dua surat tersebut ditujukan kepada PT Enggang Citra Khatulistiwa yang beralamat di Jalan Parit Haji Husin II, Kompleks Alek Griya Pontianak dan PT Gunung Samarabat Perkasa Jalan Jenderal A Yani H-8 RT/RW 004/21 Kelurahan Benua Melayu Darat Pontianak. (cah)

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: