//
you're reading...
Bengkayang, DPRD Bengkayang, Olahraga

KONI Bengkayang Gelar RKT

Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

Rapat Kerja Tahunan KONI Bengkayang I

Rapat Kerja Tahunan Ke-I KONI Bengkayang

[BENGKAYANG] –
Kepengurusan KONI Bengkayang periode kedua tahun 2011-2015 berupaya meningkatkan prestasi olahraga di Kabupaten Bengkayang dengan serius. Setelah terpilihnya Ketua KONI Bengkayang pada Maret lalu, kemudian ditetapkannya sekretariat KONI, ikut serta dalam pameran di HUT Pemda Bengkayang ke-12, konsilidasi antar pengurus dan Pengkab-Pengkab, Senin (23/5) kemarin, KONI Bengkayang menggelar Rapat Kerja Tahunan (RKT).

RKT yang diselenggarakan di Aula Kantor Bupati Bengkayang tersebut merupakan yang pertama sejak terbentuknya kepengurusan KONI Bengkayang dengan tujuan untuk meyampaikan program kerja juga rencana anggaran yang dibutuhkan masing-masing Pengurus Kabupaten.

“Dari program dan rencana anggaran yang disampaikan tersebut, KONI akan menindaklanjutinya dengan mengajukan ke pihak legislatif
(DPRD),” terang Ketua KONI Bengkayang, Ir. Martinus Khiu usai kegiatan.

Lebih lanjut, Khiu menyamakan RKT yang dilaksanakan itu sebagai Musrenbang-nya olahraga. Tujuannya adalah agar terciptanya manajemen olahraga yang baik ditubuh KONI Bengkayang sehingga berpengaruh positif pada peningkatan prestasi olahraga di Bumi Sebalo.

“Setelah program kerja itu dibuat, selanjutkan akan dilakukan presentasi kepada Pemerintah Kabupaten serta ke DPRD. Presentasi program itu tidak lain dan tidak bukan untuk bahan acuan Pemerintah dan DPRD dalam merumuskan anggaran,” ujar Martinus.

Anggaran atau minimnya anggaran yang dimiliki masing-masing Pengkab merupakan salah satu kendala utama yang mengakibatkan sulitnya suatu cabang olahraga mencapai prestasi tertinggi. Menyadari hal itu, pada kesempatan RKT kemarin, KONI Bengkayang mendatangkan Prof. DR. Samsudin M.Pd guna menyampaikan materi Pembinaan dan Pengembangan Olahraga di Kabupaten Bengkayang menuju prestasi nasional.

“Problem pengelolaan olahraga di daerah yang sering dijumpai ialah belum adanya grand design pembangunan olahraga daerah, tidak adanya maping pembinaan olahraga unggulan daerah, belum singkronnya kinerja antar lembaga keolahragaan (KONI-Dispora-Formi dan instansi lain yang mengelola olahraga atau perusahaa olahraga,” terang Samsudin.

Selain itu, Samsudin menambahkan pembinaan masih overlap, komitmen membangun olahraga dan Porprov dan PON dianggap sebagai kulminasi pembinaan prestasi olahraga juga mempengaruhi problem pengelolaan olahraga di daerah. Maka salah satu cara yang tepat dalam mengatasi persoalan itu adalah dengan menciptakan sistem manajemen organisasi olahraga dengan baik.

“Saya berharap, Raker ini menjadi sarana untuk meningkatkan prestasi olahraga di Kabupaten Bengkayang lebih baik lagi. Untuk menggapai itu, diperlukan kerja sama yang baik oleh seluruh pihak,” tambah Bupati Bengkayang yang diwakilkan kepada Asisten III, Pinus Samsudin.

Sementara itu, Fabianus Oel, SPd, Sekretaris Umum KONI Bengkayang menegaskan, pihaknya akan memfokuskan kepada pembenahan intern. Kita berusaha menata kembali organisasi di tingkat cabor, selain itu ada pengkaderan disetiap Pengkab yang ada di Bumi Sebalo.

“Sesuai dengan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga KONI, ketua dan sekretaris tidak boleh merangkap jabatan di pengkab. Oleh karena itu, kami melakukan pengkaderan dengan cara perombakan kepengurusan FORKI, sama halnya dengan Ketua KONI Bengkayang,” kata Oel.

Pada kesempatan RKT, KONI juga menjadikan Kadis Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bengkayang Eddy Irianto melalui Benediktus Basuni, Internal Audit KONI Bumi Sebalo sebagai pemateri tentang tata cara penggunaan dan pelaporan dana hibah olahraga Kabupaten Bengkayang.

“Untuk KONI, dana dari Pemda Bengkayang dalam bentuk uang pada tahun 2011 anggaran hibah dari Pemda Bengkayang sebesar 700 juta rupiah. Ini untuk sementara cukup, dalam anggaran perubahan akan melihat usulan dari KONI apakah ditambah atau tidak. Apabila tidak di usulkan, maka tidak ditambah lagi,” tegas Basuni.

Amkhan SPd, Ketua Panitia RKT (Rapat Kerja Tahunan) ke I KONI Bengkayang menerangkan, kegiatan ini di mulai sejak pukul 08.00 hingga 17.00 WIB dan dihadiri 25 Pengkab. Untuk mencapai prestasi olahraga Kabupaten Bengkayang menuju pentas nasional.

“Hal ini dimaksud untuk menggugah hati para penggurus KONI Bengkayang dan pengkab. Segala permasalahan yang ada dapat diatasi dengan dengan musyawarah untuk mufakat. Dan mengetahui seberapa besar kebutuhan masing-masing pengkab dengan memaparkan program kerja untuk 2011,” ucap Amkhan.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: