//
you're reading...
Bengkayang, Catatanku, Sosial

Lakalantas di Bengkayang, 26 Nyawa Melayang

Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

[BENGKAYANG]- Bagi para pengendara kendaraan bermotor, semoga setelah membaca informasi ini anda bukan menjadi orang ke-27 yang hilang nyawanya akibat kecelakaan lalu lintas. Hal ini merupakan sebuah peringatan yang mesti disadari karena berdasarkan laporan pihak Kepolisian Resor Bengkayang pada periode Januari-Mei 2011 ini, sudah 26 nyawa melayang akibat Lakalantas.

“Hingga Polres Bengkayang telah mencatat 63 laporan terkait Lakalantas dan menyebabkan 26 nyawa meninggal dunia,” terang Kapolres Bengkayang, melalui Kasatlantas, AKP. Purwanto, S.Sos, Selasa (31/5) di ruang kerjanya.

Sebanyak 63 laporan Lakalantas tersebut mencakup kecelakaan yang dialami baik oleh pengendara roda empat, roda dua maupun kecelakaan tunggal. Dengan telah melayangnya 26 nyawa selama 5 bulan ini sudah sepatutnya menjadi pelajaran berarti bagi masyarakat. Kesadaran yang dimiliki ini diharapkan dapat mengurangi angka kecelakaan.

“Jangan anggap enteng dengan angka tersebut,” pintanya.

Purwanto mengingatkan agar masyarakat memiliki kesadaran yang sama dengan kejadian lain seperti kasus flu burung. Dijelaskannya, bila 1 atau 2 orang masyarakat terkena virus flu burung, respon dan sikap waspada masyarakat meningkat. Semestinya dengan angka 26 itu juga masyarakat juga meningkatkan kesadaran berlalulintas.

Lebih lanjut, Purwanto menambahkan bahwa tingginya kejadian Lakalantas di Bengkayang lebih banyak dipengaruhi sedikitnya oleh tiga faktor, yakni faktor Manusia, Fisik/Lingkungan dan Kendaraan. Minimnya kesadaran terhadap aturan lalulintas menjadi masalah utama, selain faktor Fisik/Lingkunganserta faktor kendaraan si pengendara.

“Kurangnya kesadaran pengendara dalam memahami fungsi-fungsi peralatan kendaraan menjadi masalah tersendiri. Salah satu contohnya adalah tidak dipasangnya kaca spion, tidak diperhatikannya lampu motor serta modifikasi lainnya,” terang pria yang mengaku telah tiga kali menjadi Kasatlantas di tiga Kabupaten di Kalbar ini.

Mengakhir perbincangan, beliau menghimbau agar masyarakat Bengkayang dapat mematuhi aturan lalu lintas sesuai dengan aturan yang sudah ada. Dengan tertib lalu lintas dapat menurunkan angka kecelakaan dan menciptakan rasa aman bagi setiap pengendara.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: