//
you're reading...
Bengkayang, Bupati Bengkayang, Sosial

SKPD Tak Mampu, Sebaiknya Mundur

Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

[BENGKAYANG]- Ketika muncul berita mengenai Defisit Anggaran 2010 yang diberitakan media cetak beberapa waktu lalu, banyak unsur yang sangat menyayangkan hal tersebut terjadi dan mempertanyakannya. Tidak hanya masyarakat biasa, tetapi juga hal tersebut menjadi pembicaraan hangat dikalangan abdi Negara dilingkungan Pemda Bengkayang.

Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot, S.Pd pada suatu kesempatan menanggapi bahwa defisit anggaran tersebut merupakan hal yang dapat saja terjadi dalam pengelolaan keuangan daerah. Namun yang terpenting adalah anggaran yang dimaksud benar-benar dimanfaatkan untuk pembangunan daerah.

Terkait kondisi tersebut, Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Keadilan Borneo, Zakarias, SH mengingatkan kepada pihak pemerintah khususnya kepada setiap Satuan Kerja dan Perangkat Daerah (SKPD) dilingkungan Pemda Bengkayang agar lebih berinovasi dalam pengelolaan daerah pada masing-masing bidang sehingga dapat memberikan pemasukan kepada daerah, seperti PAD.

“Bila pimpinan SKPD merasa tak mampu memberikan konstribusi bagi daerah, sebaiknya tanpa rasa malu mengundurkan diri daripada hanya makan gaji buta, duduk diatas meja tanpa ada niat melakukan perubahan pada bidang yang dipimpinnya,” pinta pria yang akrab disapa Zek ini.

Dikatakannya juga jika Kabupaten Bengkayang memiliki banyak potensi yang dapat dikelola agar bisa memberikan pemasukan bagi daerah oleh masing-masing SKPD tersebut. Menurut Zek, apabila tiap SKPD mampu bekerja maksimal hal itu bukanlah mustahil dicapai. Inovasi-inovasi bagi pencapaian tersebut, tidak selamanya tergantung dari anggaran yang dikeluarkan oleh APBD maupun APBN.

“Dari konstribusi itu nantilah yang dapat dimanfaatkan menutupi apabila terjadi defisit anggaran,” tandasnya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: