//
you're reading...
Bengkayang, Bupati Bengkayang, DPRD Bengkayang, Kesehatan, Pemda Bengkayang

Kinerja Pelayanan RSUD Bengkayang Mesti Ditingkatkan

Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

[BENGKAYANG]-Meski Pemda Bengkayang telah mencanangkan program Bengkayang Sehat 2012, namun pada kenyataannya dilapangan, banyak ditemukan hal tersebut belum siap dijalankan sepenuhnya. Salah satu yang menjadi sorotan adalah terkait kesiapan RSUD Bengkayang mewujudkan visi dan misi Bengkayang Sehat tersebut.

RSUD Bengkayang

Petugas RSUD Bengkayang

“Sebagai lembaga pemerintah yang berhubungan langsung terhadap kesehatan masyarakat, RSUD Bengkayang mesti meningkatkan kinerja mereka. Termasuk kinerja terhadap pelayanan kepada masyarakat (pasien),” pinta Mahasiswa IMKB di Pontianak, Yusuf, A.Md.

Walaupun disadari, permasalahan kesehatan bukanlah semata tanggungjawab Rumah Sakit ataupun Dinas Kesehatan, tetapi sebagai salah satu corong pemerintah dalam melayani kesehatan masyarakat, RSUD Bengkayang dapat berbuat semestinya sesuai dengan tugas pokok mereka. Menurutnya, keterbatasan fasilitas yang dimiliki bukan alasan dalam memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen. Informasi tentang kesehatan, keramahan petugas, transparansi biaya perobatan, dan lainnya merupakan upaya RSUD dalam meningkatkan mutu pelayanan tanpa membutuhkan biaya.

“Kadang kita mendengar munculnya keluhan pasien mengenai lambatnya pelayanan yang diberikan para petugas RSUD Bengkayang. Hal ini tentunya belum memberikan gambaran tentang kesiapan lembaga ini menjalankan program pemerintah daerah,” timpal Radianus Toko, salah seorang mahasiswa FISIP Untan.

Lebih lanjut, program Bengkayang Sehat yang dicanangkan pemerintah hendaknya jangan hanya dijadikan wacana diatas meja belaka. Maksimalkan pelayanan dengan kemampuan yang dimiliki, sehingga kejadian seperti angka kematian bayi, kurang gizi, malaria, TBC dan lainnya yang timbul dalam masyarakat bisa diminimalisir.

“Kami selaku mahasiswa yang juga masyarakat Bengkayang juga meminta agar Pemda Bengkayang, baik eksekutif maupun legislatif dapat berperan nyata dalam memantau peningkatan pelayanan RSUD Bengkayang,” tandas pria asal Seluas ini.

Diskusi

One thought on “Kinerja Pelayanan RSUD Bengkayang Mesti Ditingkatkan

  1. Kami dari PT. B. Braun Medical Indonesia Cabang B Braun Kalimantan Barat , menginformasikan apabila dari teman teman di Dinas Kesehatan memerlukan workshop untuk program Infection Nosokomial, Hand Hygiene (Program Safety), ataupun program training untuk unit / Aesculap, silahkan hubungi kami PT. B. Braun Cabang Kalimantan Barat di email ke : ahmad_heri_dahri@yahoo.com atau Mobile : 081323555789.

    Program ini adalah Free Charge, dimana hal ini adalah program rutin kami sebagai Principle untuk menunjang kinerja personil yang bergerak di dalam bidang kesehatan.

    Semua program akan kami publikasikan dalam online magazine PT. B.Braun yang terbit setiap 3 bulan sekali.

    http://pharmacommunity.blogspot.com/2011/03/b-braun-safety-in-healthcare-hand.html

    Posted by B Braun Kalimantan Barat | Oktober 10, 2011, 7:39 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: