//
you're reading...
Bengkayang, Bupati Bengkayang, Dinas Pendidikan Bengkayang, DPRD Bengkayang, Pemda Bengkayang, Sosial

*Sekilas Sungai Betung Sungai Betung Pasar Bersejarah

Oleh : JAMLI

KALBAR TIMES, SUNGAI BETUNG

Jembatan tinggi “Ko Khiau” yang sekarang disebut pasar Sungai Betung, dahulunya terdapat beberapa toko yang disebut “Tiam theu” dan sebelumnya juga dikuasai oleh suku yakni rumpun “Theo ciu”.

Keberadaan pasar ini di desa Suka Maju, Kecamatan Sungai Betung, Kabupaten Bengkayang, berjarak 8km dari pusat kota, dapat ditempuh dengan waktu 15 menit berkendaraan mobil atau motor. Pasar tersebut dibangun sekitar tahun 1921, hingga kini masih berdiri, “Sebelum zaman penjajahan kolonial Belanda, dahulunya merupakan pasar tradisional dengan sebutan “Sui Bathong” kata Nam Shung, seorang nenek yang diperkirakan sudah berumur 97 tahun.

Menurutnya, Sui Bathong juga dikenal sebagai pasar perjuangan karena perkiraan pada tahun 1948 penjajahan Belanda masuk. Namun sebagian pejabat, tentara, dan pejuang mengungsi ke Sungai Betung (Sui Bathong) yang berperan sebagai tempat penghimpun logistik lewat kerelaan dan kebersamaan pedagang serta tempat pertemuan sandi dalam menyusun strategi. Ternyata lokasi yang satu ini punya nilai sejarah tinggi.

Selanjutnya bagaimana kondisi terkini dan prospek pasar bersejarah ini, Seperti telah kita ketahui bersama bahwa pasar Sungai Betung dimaksud telah ditetapkan Pemerintah sebagai kota kecamatan, dan berdasar servey awal, lokasi ini sudah mulai dilupakan, dan mulai pupus dari legenda serta sebagai tempat bersejarah.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: