//
you're reading...
Bengkayang, Pemda Bengkayang, Pemerintahan Desa, Sosial

Pasca Kebakaran, Tanah Hilang

Oleh : JAMLI

Harian Kalbar Times

Kebakaran Bengkayang

Hj. Azizah : Korban Kebakaran Pasar Bengkayang

[BENGKAYANG] –
Kebakaran yang terjadi di Pasar Tengah dan Pasar Belakan Kota Bengkayang, 14 September 2010 lalu ternyata masih menyisakan kisah tragis bagi pasangan Kakek-Nenek, H.Agus Lazim (72) dan isterinya HJ. Ajizah (68) yang harus kehilangan bangunan maupun tanah sah yang mereka miliki. Dimana dua hari pasca kebakaran harus menerima teguran dari Camat Bengkayang pada saat itu (Aci Sood-–Red) yang meminta agar mengosongkan lokasi tempat berjualannya. Pernyataan Aci bertolak belakang dengan ucapan Lurah Bumi Emas yang merespon agar dibangun kembali ruko yang sudah terbakar.

“Sampai saat ini, hanya pondasi dan tiang ruko saja yang masih berdiri, padahal itu merupakan satu-satunya mata pencaharian kami sekeluarga untuk menyambung hidup,” keluh H.Agus.

Menurutnya, Bangunan ruko miliknya yang kebakaran mempunyai dasar hukum yang sah, berasarkan Rekomendasi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Nomor: 644/12/87.C.XII pada Zaman kewedanan Sambas saat itu. “Kami yakin pemda masih punya hati nurani, untuk membuat kebijakan secara kemanusiaan, sebab tempat itu adalah sumber penghasilan untuk menyambung hidup” kata Ajizah yang berharap agar pemda Kabupaten Bengkayang mengabulkan permintaannya.

Katanya lagi, Selama surat teguran dilayangkan, hingga sekarang pihak H.Agus belum mendapat jawaban solusi terkait lokasi bangunan itu. Pihaknya juga bersedia merobohkan pondasi dan tiang ruko yang dikatakan merusak pandangan tersebut, tetapi Pemda Bengkayang harus berikan solusi. Karena bukan ruko ini saja yang menonjol keluar, tetapi di sepanjang Jalan Tabrani terdapat beberapa ruko yang mengalami kondisi serupa. Tanah tersebut (Ruko-Red) dikuasai oleh H.Agus sejak 1981, dengan Registrasi Nomor 34/KD/02/1/SPT-1987 dan hingga sekarang surat-surat tersebut saya bawa, kapan dan dimana saya bepergian. Jelasnya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: