//
you're reading...
Bengkayang, Bupati Bengkayang, Dinas Pendidikan Bengkayang, DPRD Bengkayang, Kecamatan Lumar, Pemda Bengkayang, Sosial

Penerapan E-KTP, Masih Terkendala Ketersediaan Sarana

Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

Bengkayang – BERKAT

KTP Elektronik

Alex B. Mamuraja

PENERAPAN KTP Elektronik di Kabupaten Bengkayang dimulai pada tahun ini dan diperkirakan pada bulan Juni-Agustus instansi terkait, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) sudah mulai melakukan perekaman data. Perekaman data kependudukan yang dimaksud yakni pengambilan sidik jari, pengambilan foto, data retina mata, bentuk wajah dan tanda tangan.

“Perkiraan kita, Juni mendatang sudah mulai dilakukan perekaman data penduduk,” tegas Kasi Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Bengkayang, Alex B. Mamuraja, Kamis (8/3) di ruang kerjanya.

Ketika dikonfirmasi, Alex mengatakan saat ini Disdukcapil masih melakukan persiapan tekhnis seperti pemasangan jaringan Visat, Sosialisasi dilingkungan Pemda kemudian Bimbingan dan Pelatihan Tekhnis serta menunggu persiapan sarana dan prasarana pendukung lainnya termasuk melakukan pemuktahiran data penduduk.

Namun, diakuinya, kendala yang sedang dihadapi adalah dimana hingga saat sarana dan prasarana pendukung seperti alat scan sidik jari, scan iris mata dan tanda tanggan elektronik serta lainya guna melakukan Autentikasi sistem e-KTP secara biometrik yaitu verifikasi dan validasi sistem melalui pengenalan karakteristik fisik atau tingkah laku manusia. Proses pendataan diperkirakan akan memakan biaya besar dan sarana yang tak sedikit. Proses pendataan di kecamatan misalnya, membutuhkan daya listrik hingga 3500 watt karena alat-alat yang digunakan membutuhkan daya listrik yang besar. Selain sarana peralatan di kecamatan, juga mempersiapkan sarana e-KTP mobile yang dapat menjangkau beberapa desa terpencil

“Kita berharap agar peralatan-peralatan yang dimaksud dapat segera datang dan terpasang ditiap kecamatan sehingga pada pelaksanaannya nanti tidak lagi mengalami kendala berarti,” tandasnya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: