//
you're reading...
Bengkayang, Bupati Bengkayang, Lingkungan Hidup Bengkayang, Pemda Bengkayang, Pemerintahan Desa

TP PKK Bengkayang Gelar Lomba Masak Menu 3B + A

Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

Bengkayang – BERKAT

PKK Bengkayang

Ketua TP PKK Bengkayang, Femi O.H Gidot, SE mencicipi masakan olahan TP PKK Kecamatan Lumar

UPAYA meningkatkan pemahaman masyarakat daerah ini terhadap pentingnya makanan beserta ragamnya yang bergizi, Rabu (28/3) kemarin, di Aula V Kantor Bupati Bengkayang, Tim Penggerak PKK Bengkayang bekerjasama dengan Badan Pelaksana Penyuluh dan Ketahanan Pangan (BPPKP) serta Dinas Kesehatan menyelenggarakan lomba memasak menu 3B + A (Beragam, Bergizi, Berimbang dan Aman) dan serba ikan.

“Lomba ini secara rutin diadakan setiap tahun, dengan harapan agar semakin hari masyarakat Bengkayang memiliki kesadaran akan pentingnya kebutuhan makanan bergizi yang dimulai dari lingkungan keluarga masing-masing,” ungkap Ketua TP PKK Bengkayang, Femi Oktaviani Haryanti Gidot pada kegiatan tersebut.

Dari penyelenggaraannya setiap tahun, Femi menekankan kepada ibu-ibu yang tergabung dalam organisasi PKK baik ditingkat Kabupaten maupun Kecamatan agar dapat menerapkan hal tersebut langsung kepada masyarakat sehingga mampu memberikan dampak bagi berkurangnya masyarakat atau bayi yang mengalami gizi kurang (gizi buruk).

Sementara, pada kesempatan yang sama, Sekda Bengkayang, Drs. Kristianus Anyim, M.Si sangat mengapresiasikan kegiatan yang digelar oleh tiga elemen ini. Hal ini juga menurutnya merupakan sebuah upaya antisipasi dari kemungkinan terjadinya krisis pangan dunia ditahun-tahun mendatang dengan memanfaatkan keragaman bahan pangan seperti yang diperlombakan.

Penyelenggaraan lomba yang diikuti 14 Kecamatan ini, Ketua Panitia Lomba sekaligus Kabid Ketahanan Pangan BPPKP Bengkayang, Thomas Sundun, S.TP mengumumkan keluar sebagai juara umum adalah TP PKK Kecamatan Tujuh Belas yang berhasil meraih juara I Lomba Memasak Menu 3B + A dan Juara Kategori Pengembangan Resep. Secara rinci, hasil lomba ditetapkan TP PKK Kecamatan Tujuh Belas (Juara I), Samalantan ( II), Sungai Raya Kepulauan (III) dan Juara Harapan I dalam Kategori Memasak Menu 3B + A. Sedangkan untuk juara kategori Spesifik Pangan Lokal disabet TP PKK Kecamatan Samalantan, Juara Kategori Minuman Khas oleh TP PKK Sanggau Ledo serta TP PKK Monterado sebagai juara kategori Kue Tradisional. Sedangkan juara I, II dan III secara berturut-turut dalam kategori memasak serba ikan adalah TP PKK Sungai Raya, Samalantan dan Sungai Raya Kepulauan.

“Juara umum pada lomba ini akan mewakili TP PKK Kabupaten Bengkayang dalam lomba cipta menu 3B + A tingkat Propinsi pada Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK, 9 April ini,” terang Femi.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: