//
you're reading...
Bengkayang, Bupati Bengkayang, DPRD Bengkayang, Olahraga

Bupati Cup IV 2012, Solusi Ditengah Krisis Prestasi

Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

[Bengkayang] – Agenda pertandingan sepakbola memperebutkan Piala Bupati Bengkayang ke-IV tahun 2012 yang diselenggarakan PSSI Bengkayang bekerjasama dengan Pemda dan KONI Bengkayang resmi dibuka hari ini (kemarin-red), Senin, 14 Mei 2012 oleh Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot di Lapangan Basuki Rachmat.

Bupati Cup IV

Pawai Pembukaan Kejuaraan Sepakbola Memperebutkan Piala Bupati Bengkayang ke-IV Tahun 2012

Berdasarkan laporan yang disampaikan panitia pada saat pembukaan, secara keseluruhan tim yang menjadi peserta berjumlah 44 kesebelasan yang berasal dari 15 Kecamatan dari 17 Kecamatan yang ada di Bumi Sebalo. Adapun 2 Kecamatan yang tidak mengirimkan wakilnya adalah Kecamatan Ledo dan Jagoi Babang. Paling banyak menempatkan wakilnya pada kejuaraan ini berasal dari Kecamatan Bengkayang, yakni sebanyak 15 Kesebelasan. Sementara

Kejuaraan yang memperebutkan total hadiah senilai Rp.40 Juta ini dimulai dengan mempertemukan Tim Lavado melawan Persado, yang mana skor akhir pertandingan tersebut dimenangi secara meyakinkan oleh Persado (Sanggau Ledo) dengan skor 5-2. Namun sebelum dimulai kick-off, panitia terlebih dahulu melakukan pawai keliling Kota Bengkayang dengan melibatkan para siswa dari berbagai SMA yang ada.

Bupati Bengkayang, yang juga Ketua Umum PSSI Bengkayang dalam sambutan mengatakan dengan terselenggarakannya kejuaraan ini diharapkan memberikan motivasi serta mampu memfasilitasi masyarakat dalam mencapai prestasi bidang olahraga sepakbola, terutama agar dapat menemukan dan membina bibit atlet sepakbola daerah.

“Sepakbola Bengkayang saat ini masih menuju tahap perbaikan. Walaupun masih tertinggal dengan daerah lain, namun ketertinggalan ini dapat menjadi pemacu prestasi sepakbola Bengkayang yang lebih baik. Untuk mengejar ketertinggalan itu, butuh keterlibatan semua lapisan masyarakat,” ungkap Bupati dalam sambutannya.

Seperti diketahui, selain Futsal, prestasi olahraga sepakbola di Bengkayang sudah lama tak menuai prestasi. Kondisi ini lebih disebabkan karena minimnya pembinaan terhadap para atlet yang ada didaerah ini. Adapun pertandingan atau kejuaraan sepakbola yang selama ini digelar ditiap Desa maupun Kecamatan belum menjadi wadah untuk menyeleksi para pemain yang berhak membela nama daerah.

Prestasi sepakbola Bengkayang yang sangat melorot sejak beberapa tahun silam. Padahal pada awal keberadaannya, Persibeng (Persatuan Sepakbola Bengkayang) cukup disegani oleh daerah lain di Kalbar. Terakhir kali Persibeng meraih trophy empat tahun lalu (2006) diajang Porprop, itupun hanya meraih posisi ke-3. Kebangkitan PSSI kali ini dikatakannya menjadi sebuah pelajaran bagi Persibeng akan kejayaan sepakbola daerah ini seperti yang telah dicapai pada tahun 2000 dan 2002 dalam turnamen antar perserikatan. Dimana kala itu, Persibeng selalu menjadi finalis.

Persatuan Sepakbola Indonesia Kabupaten Bengkayang (Persibeng) sebagai Klub Sepakbola milik PSSI Bengkayang sudah lebih dari lima tahun ini vakum, sehingga tidak menutup kemungkinan para pemain yang akan direkrut hanya berdasarkan “orang terdekat” saja. Semoga Kejuaraan yang cukup prestisius ini menjadi awal dari solusi ditengah krisis prestasi Bengkayang dalam bidang Sepakbola.

Diskusi

2 thoughts on “Bupati Cup IV 2012, Solusi Ditengah Krisis Prestasi

  1. harus ada tindak lanjut…
    bengkayang harus punya tim sepak bola yg kuat.
    setidak-tidaknya kompetisi ini untuk menjaring bibit muda yg potensial.bukan atas asas kekeluargaan atau teman dekat!

    Posted by Teguh Wahyu | Mei 31, 2012, 5:45 am
  2. persibeng sekarang hanya menjadi lumbung gol bagi team lawan
    pemain yang memperkuat persibeng sekarang di pilih secara asal-asalan
    kurangnya pengawasan dan pembinaan menjadi salah satu faktor merosot nya prestasi
    pilih pemain yang berkualitas
    kabupaten bengkayang ini luas jangan hanya orang orang terdekat
    yang masuk skuad persibeng

    Posted by indra | Juni 1, 2012, 11:43 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: