//
you're reading...
Bengkayang, Bupati Bengkayang, Infrastruktur, Lingkungan Hidup Bengkayang, Pemda Bengkayang, Perkebunan

PT. SBS Gaharu Suntik 6000 Batang Gaharu Milik Petani

Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

Kalbar Times – Bengkayang

Gaharu

Inokulasi Pohon Gaharu

Selama periode 2011 – 2012 ini, PT. SBS Gaharu menyatakan telah berhasil menyuntik vaksin pada 6000 batang gaharu milik petani yang menjadi mitra mereka. Selama periode itu juga, perusahaan tersebut telah berhasil mengembangkan budidaya tanaman hampir diseluruh kabupaten yang ada di Kalbar. Demikian ungkap Humas PT. SBS Gaharu, Antony Harahap kepada wartawan ini, Rabu (27/6) di Bengkayang.

“Jumlah 6000 batang gaharu tersebut tersebar pada beberapa kabupaten, antara lain Bengkayang, Landak, Kapuas Hulu, Sanggau Kapuas, Sambas dan Pontianak,” jelasnya.

Setelah penyuntikan, batang gaharu itu dapat dipanen ketika usia penyuntikan berkisar 2 – 3 tahun. Menurut Antoni, penyuntikan yang dilakukan PT. SBS Gaharu ini merupakan sebuah usaha kemitraan perusahaan dengan petani gaharu. Dimana hasil dari panen itu nanti akan dibagi sebesar 65 % untuk petani dan 35 % untuk perusahaan.

“Sementara untuk pemasarannya, PT. SBS Gaharu sejak awal telah menggandeng Asosiasi Pengusaha Gaharu Indonesia (Asgarin), jadi para petani tidak lagi kuatir bila pada saat panen nanti untuk memikirkan dimana mereka akan menjual gaharu yang mereka tanam,” terangnya lagi.

Mengenai informasi harga gaharu per kilogram, Antony memaparkan untuk gaharu Kualitas A Super King berkisar Rp.30 juta/Kg., Kualitas A, Rp.25 juta/Kg., Kualitas AB, Rp.21 juta/Kg., Kualitas C, Rp.6 juta/Kg., Kualitas D, Rp. 4 juta/Kg. Jadi, ungkapnya, bertanam gaharu sangatlah menjanjikan. Apalagi proses penanamannya tidak membutuhkan biaya yang besar, serta lahan yang luas.

“Disamping sebagai tanaman ekonomis, gaharu juga bermanfaat bagi reboisasi hutan yang saat ini semakin terkuras oleh pengrusakan baik oleh manusia maupun karena factor alam itu sendiri,” tandasnya.

Diskusi

3 thoughts on “PT. SBS Gaharu Suntik 6000 Batang Gaharu Milik Petani

  1. dijual cepat pohon gaharu 1300 pohon daerah kalimantan timur umur 11 tahun diameter 40-45 cm di jual Rp.2jt/pohon hub.085222440659 anto_bunyu@yahoo.com

    Posted by anto | November 14, 2012, 12:39 am
  2. Sy tertarik dgn program sbs,bagaimana sy bisa berhubungan dgn pihak sbs gaharu, terimakasih.

    Posted by M.shaleh | Januari 22, 2013, 2:57 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: