//
you're reading...
Bengkayang, Bupati Bengkayang, DPRD Bengkayang, Pemda Bengkayang

Gali Potensi Industri di Kecamatan Sungai Raya

Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

Bengkayang – Kalbar Times

Dekranasda Bengkayang

Kerajinan Tangan Milik Dekranasda Bengkayang

Upaya Pemda Kabupaten Bengkayang meningkatkan taraf hidup masyarakatnya diberbagai bidang terus dilakukan dengan memanfaatkan setiap potensi yang dimiliki. Salah satunya adalah seperti yang dilakukan Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Bengkayang melalui Bidang Industri dengan menggelar Diklat Pengolahan Aneka Produk Kerajinan Berbahan Baku Kerang di Kecamatan Sungai Raya.

Kegiatan yang digelar di Kantor Camat tersebut berlangsung selama 4 hari (3-6 Juli) dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang yang berasal dari UP2K Desa Sungai Jaga A dan Karang Taruna. Para peserta itu sendiri akan dibekali berbagai pengetahuan mengenai jenis-jenis kerang dan teknis pengolahannya.

“Untuk mendukung Diklat, kami sebagai panitia menghadirkan instruktur yang berkompeten dibidang pengolahan hasil laut, yakni Bapak Bihapri dari Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan “Kerang Bekasi” serta Bapak Uray Juliansyah dari UP-IKM Disperindag Kalbar,” jelas Kepala Bidang Perindustrian, Yustina Ita Wurini, Selasa (3/7) yang dihubungi via telepon seluler.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Bengkayang, Drs. Salikin ini pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di Sungai Raya melalui Industri Kerajinan. Menurut Ita, dengan adanya Diklat seperti itu, kedepan Ia berharap hasil laut seperti kerang tidak lagi dijadikan sebagai limbah namun dapat menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Misalnya diolah menjadi Souvenir.

“Disamping itu, Diklat ini juga dimaksud untuk mempersiapkan Desa Sungai Jaga A dalam menghadapi program P2WKSS tingkat propinsi,” tambahnya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: