//
you're reading...
Bengkayang, Bupati Bengkayang, Pemda Bengkayang

Warga Kinande Menuntut Hak (3) Rodianus : “Pemda Bengkayang Terkesan Membiarkan Masyarakat Sengsara”

Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

PT. Darmex Agro

TUKANG CATAT. Kebiasaan ini kerap terlihat ketika muncul permasalahan terkait investasi kelapa sawit antara masyarakat dengan perusahaan. Sementara hal lain yang ditunggu setelah MENCATAT adalah tindakan penyelesaian.

Bengkayang (Kalbar Times) –
Berbagai permasalahan yang terjadi pada investasi perkebunan kelapa sawit di kabupaten Bengkayang antara masyarakat dengan pihak perusahaan, seperti yang dialami oleh masyarakat di Semunying Jaya (PT. Ledo Lestari), di Desa Ampar Benteng (PT. Dumai) maupun di Desa Kinande (PT. Darmex Agro) menunjukkan adanya kesan pembiaran yang dilakukan Pemda Bengkayang agar masyarakat didaerah investasi tersebut sengsara. Demikian diungkapkan Sekretaris LIRA Kabupaten Bengkayang, Rodianus Tumpok, SP kepada Wartawan ini menanggapi permasalahan yang kerap terjadi pada investasi perkebunan kelapa sawit.

“Kesan itu terlihat ketika muncul permasalahan antara masyarakat dengan perusahaan, masyarakat lebih banyak dirugikan oleh tindakan Pemerintah,” kata pria asal Kecamatan Seluas ini.

Tindakan yang pemerintah yang berdampak pada kesengsaraan masyarakat menurutnya antara lain seperti tidak adanya ketegasan terhadap pelanggaran-pelanggaran hukum yang dilakukan pihak perusahaan. Misalnya terkait perijinan yang dikantongi pihak perusahaan.

“Bagaimana mungkin PT. Darmex Agro bisa merampas tanah dan merambah hutan warga Kinande, sementara perijinan semisal Hak Guna Usaha (HGU)-nya saja tak jelas. Faktanya memang hingga saat ini Kepala Desa setempat tak pernah mendapat laporan tertulis mengenai perijinan investasi perusahaan tersebut,” tambahnya lagi.

Hal lain yang menunjukkan, kesan pembiaran Pemda Bengkayang terhadap masyarakat Kinande adalah ketidaktegasan mereka dalam menekan pihak perusahaan untuk memperhatikan peraturan terkait pembagian plasma kepada masyarakat ataupun aturan mengenai Amdal.

“Sebenarnya pemerintah sudah mengetahui permasalahan-permasalahan tersebut, hanya saja mereka (mungkin) tidak mampu berbuat sesuatu (tak berdaya),” tandasnya.

Diskusi

3 thoughts on “Warga Kinande Menuntut Hak (3) Rodianus : “Pemda Bengkayang Terkesan Membiarkan Masyarakat Sengsara”

  1. Mantap bg tumpopk

    Posted by wardi | Oktober 7, 2012, 3:40 pm
  2. Kalau bang Tumpok mantap, Wardi harus mantap uga. Kina?

    Posted by Krisantus | Oktober 8, 2012, 8:17 am
  3. Ka” pang koh meh kris” ngantam ngansara Pemda’.

    Posted by Yordanus Misa Pasanga Pangalias | November 7, 2012, 5:39 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: