//
you're reading...
Bengkayang, Bupati Bengkayang, Pemda Bengkayang, Perusahaan Sawit Bengkayang

Warga Kinande Diminta Bentuk Koperasi

Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

Bengkayang (Kalbar Times) – Mengenai tindaklanjut hasil pengukuran lahan di wilayah Desa Kinande yang ditanami kelapa sawit oleh PT. Darmex Agro untuk kebun plasma pada 22 dan 23 Oktober lalu, Plt. Kepala BPN Bengkayang, Abdul Manan meminta agar warga Kinande segera menyiapkan KTP dan Kartu Keluarga (KK) guna membentuk koperasi sebagai salah satu prosedur dalam proses penyerahan kebun plasma.

“Setelah itu, warga mesti meminta pernyataan dari Manajemen Perusahaan mengenai seberapa luas lahan yang akan diserahkan kepada masyarakat melalui keanggotaan di Koperasi,” jelasnya Kamis (15/11) minggu yang lalu.

Apabila kesepakatan (MoU) tersebut telah tercapai, nantinya akan dikeluarkan Surat Pernyataan Tanah (SPT) kepada anggota masyarakat yang tergabung dalam koperasi. Kepemilikan SPT ini dimaksud untuk mempermudah pihak BPN dalam memproses legalitas kepemilikan lahan plasma oleh masyarakat, yakni pembuatan sertifikat.
Mengenai himbauan tersebut, Kepala Desa Kinande, Pilipus yang dikonfirmasi, Senin (19/11) kemarin mengatakan jika hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan pemberitahuan seperti yang dimaksud.

“Belum ada pemberitahuan ke Desa terkait proses tersebut (pembentukan koperasi),” tegasnya.

Dipaparkannya, sejak selesai pengukuran lahan yang dilakukan oleh BPN, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Bengkayang serta masyarakat Oktober yang lalu, hingga kini dirinya belum mendapatkan informasi lanjut terkait realisasi kebun plasma, khususnya dari pihak pemerintah yang sejatinya memiliki tanggungjawab atas masalah ini. Perlu diketahui, penanaman kelapa sawit di wilayah desa Kinande oleh PT. Darmex Agro ini dimulai pada tahun 2006. Dan pada tahun 2010 yang lalu, sebagian tanaman yang lebih awal ditanam telah memasuki masa panen (buah pasir).

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: