//
you're reading...
Bengkayang, Bupati Bengkayang, Infrastruktur, Pemda Bengkayang

Pasar Inpres akan Berubah Menjadi Semi Modern

Ditulis Oleh : JAMLI

Pasar Inpres Bengkayang

Pasar Inpres Bengkayang Rencananya akan dipugar pada 2013

Bengkayang –
Pasar Inpres Bengkayang akan segera dibangun menjadi pasar semi modern. Pasalnya, kondisi pasar tersebut dinilai tidak nyaman, kotor, kumuh dan semerawut. Bahkan fisik bangunannya dinilai memprihatinkan. Selain bangunannya sudah lapuk dimakan usia, juga jumlah pedagangnya overload atau melebihi kapasitas bangunan pasar, termasuk PKL (Pedagang Kaki Lima).

“Kita akan secepatnya membangun pasar tradisional ini (Pasar Inpres-Red) menjadi pasar semi modern yang refresentatif, dengan kapasitas lantai Dua, dirancang aman, nyaman, bersih, hygienis dan luas. Sehingga, pedagang dan konsumennya merasa nyaman beraktivitas. Kita menargetkan, 2013 nanti sudah mulai pembangunan,” kata salah satu pegawai BUMD-PT.MBM yang enggan disebutkan namanya ditemui pada Rabu (28/11).

Dikatakannya, kerusakan bangunan Pasar Inpres sudah parah karena bangunannya dinilai terlampau tua yaitu sejak 1975, hingga kini atau hampir 35 tahun lamanya belum pernah direnopasi. Kayu-kayu atapnya banyak yang lapuk, genting dan talang airnya bocor, termasuk saluran airnya pun rusak hingga tidak berfungsi dengan baik sehingga terjadi kekumuhan. Oleh karena itu, penanganannya tidak bisa sebatas diperbaiki saja, melainkan harus dibangun total dan permanen dengan membangun pasar semi modern. Terlebih lagi jumlah pedagang overload. Ditambah lagi, anggaran pembangunannya cukup besar sehingga diyakini tidak akan mampu dibiayai dari APBD kabupaten. Untuk mewujudkan pembangunan, pembiayaan akan menggunakan dana Bank BPD. Dana yang dibutuhkan, diperkirakan miliaran rupiah. Anggaran sebesar itu, sehubungan Pasar Inpres semi modern, akan dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana serta fasilitas umum yang memadai. Bahkan lokasinya akan diperluas.

“Kita akan membangun pasar tradisional ini menjadi pasar semi modern dan anggaran pembangunan pasar Inpres ini Milyaran rupiah didanai oleh Bank Pembangunan Daerah (Bank-BPD),” Katanya menjelaskan.

Lanjut, Pasar Inpres semi modern ini menjadi ikon pasar di Pusat Kota Bengkayang, sekaligus pilot project pasar lainnya. Bahkan pasar semi modern ini harus bisa menyaingi pasar modern atau supermarket kedepannya. Tak hanya menjual barang-barang kebutuhan masyarakat saja, melainkan ada tempat rekreasi keluarga serta restoran.

Menyinggung hal itu, Mantan DPRD Yohanes mengatakan, kondisi pasar saat ini seperti “Hidup Segan Mati tak mau”. Soal pembangunan pasar Inpres, kita harus melihat jangka panjang, dengan tujuan pasar representatif yang akan menjadi ikon ekonomi Pemda Bengkayang sebagai pusat ibu kota Kabupaten. Supaya pasar tradisional ini punya daya saing, tak ada cara lain kecuali harus dibangun pasar Semi Modern supaya pedagang dan konsumen merasa nyaman. Kita dukung dan dorong pembangunan pasar semi modern ini. Jika tidak, lambat laun pasar tradisional akan ditinggalkan masyarakat. Namun, dikarenakan biayanya cukup besar sehingga perlu dana investasi. Kalau mengandalkan APBD, tidak bakalan mampu. Menurut dia, Pemda Bengkayang telah menyiapkan kawasan bagi para PKL untuk berjualan. Sehingga, tidak ada alasan lagi bagi Pemdamenertibkan PKL karena semakin semerawut. Terutama pedagang kue dan pakaian yang menggunakan sebagian jalan raya untuk menjajakan dagangannya. tutur Yohanes.

Bersamaan Petrus asal Kecamatan Teriak, menyambut baik pembangunan pasar Semi Modern yang menjadi wacana pemda itu. Disampaikannya pedagang pasar Inpres yang ada saat ini masih berstatus sewa pakai dari pemilik sebelumnya. Hal ini disebabkan kepemilikan awal yang tidak jelas, selain itu para pemilik awal kios kebanyakan dari PNS atau petugas pasar saat itu. Petrus mengharapkan, agar pendaftaran Kios dilakukan pihak Indenpenden dan selektif untuk menghindari kepentingan PNS dalam mengambil bagian. Jika pasar Inpres dibangun oleh BUMD melalui PT.Membangun Bengkayang Mandiri (PT.MBM) sepenuhnya manajemen ini diserahkan ke pihak MBM, termasuk mengkoordinir penerimaan berkas pendaftaran calon pembeli kios kedepannya.

“Kita sepakati bagi PNS untuk tidak mengambil kios,” Katanya berharap.

Diskusi

One thought on “Pasar Inpres akan Berubah Menjadi Semi Modern

  1. semoga terealisasi dan tdk hnya sebatas wacana saja…

    Posted by Bang Dod Jaklah | November 30, 2012, 4:02 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: