//
you're reading...
Bengkayang, Bupati Bengkayang, Pemda Bengkayang, Pemerintahan Desa, Perusahaan Sawit Bengkayang, Polres Bengkayang

Polres Bengkayang Panggil Kades Kinande

Oleh : KRISANTUS VAN SEBOL

Bengkayang (Kalbar Times) – Kepala Desa Kinande, Philipus, Senin (7/1) kemarin mememuhi panggilan pihak kepolisian dengan mendatangi Mapolres Bengkayang. Oleh aparat kepolisian, pemanggilan Kepala Desa tersebut dimaksud untuk dimintai keterangannya terkait permasalahan pembakaran dan pengerusakan kantor milik PT. Darmex Agro (Duta Palma Grup) di Desa Kinande akhir tahun 2012 yang lalu.

Berdasarkan Surat Panggilan ke-II Nomor : S.Pgl/635.I/I/2013/Reskrim, pemanggilan Philipus untuk menghadap Brigadir Iwan Suganda diruang Riksa IV Kantor Sat Reskrim Polres Bengkayang untuk didengar kesaksiannya sebagai Saksi sehubungan dengan perkara tindak pidana Pengerusakan dan Pembakaran sebagaimana dimaksud dalam Pasal 170 ayat (1) KUHP.

Setelah dimintai keterangan sejak pukul 09.00 WIB – 16.30 WIB, Philipus menegaskan kepada pihak kepolisian bahwa dirinya tidak mengetahui siapa yang telah melakukan pengerusakan maupun pembakaran yang dimaksud karena pada saat kejadian, dirinya tidak berada ditempat.

Seperti diketahui, permasalahan yang muncul di Desa Kinande saat ini merupakan buntut dari adanya tuntutan masyarakat setempat yang menginginkan pihak perusahaan dapat menyerahkan kebun plasma sebagaimana aturan yang berlaku. Sejak mulai penanaman pada 2006 yang lalu, hingga masa panen perdana 2010, PT. Darmex Agro memang belum pernah menunjukkan niat untuk merealisasikan pembagian kebun plasma kepada masyarakat.

Menanggapi pemanggilan Kepala Desa Kinande oleh pihak Kepolisian, Sekda Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Bengkayang, Radianus Tumpok,

Mengacu pada janji (secara lisan) Kapolres yang tidak akan melakukan pemanggilan atau pencidukan, penangkapan terhadap warga masyarakat Desa Kinande sebelum permasalahan antara masyarakat dengan perusahaan selesai. Ucapan tersebut dilontarkan pada saat mediasi antara Kapolres dengan masyarakat desa Kinande beberapa waktu lalu, Rabu (28/11/2012) yang disaksikan Kabag Tapem, Camat, Dishutbun, Danramil.

“Dari sisi hukum, tindakan pemanggilan yang dilakukan oleh aparat adalah benar. Asalkan saja hal ini harus benar-benar berimbang,” pintanya.

Namun mengingat tindakan ini bukanlah tindakan kriminal murni, melainkan ini adalah persoalan masyarakat dengan perusahaan yang hingga kini tak kunjung merealisasikan penyelesaian kebun plasma bagi masyarakat. Apabila masyarakat bertindak, hal itu adalah wajar karena mereka menuntut hak mereka yang telah bertahun-tahun diminta untuk direalisasikan oleh PT. Darmex Agro.

“Mestinya pihak kepolisian juga dapat menindak pihak perusahaan yang selama ini telah merugikan masyarakat. Selama ini pihak kepolisian hanya menindaklanjuti laporan yang disampaikan perusahaan saja, sementara masyarakat diabaikan,” tandasnya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: